MENU PENUNJANG DAYA TAHAN TUBUH LANSIA, APA SAJA?

makanan-lansia

 

Bertambahnya usia membuat kinerja tubuh semakin berkurang. Kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit pun ikut menurun. Maka, penting bagi lansia untuk menjalani diet seimbang.

 

Pola makan yang sehat mengarahkan lansia pada kecukupan nutrisi. Jika tidak, harus segeda dicari tau makanan untuk lansia yang susah makan. 

 

Berikut ini adalah kelompok makanan yang dapat dikonsumsi orang tua Anda untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.

 

Kelompok makanan pertama adalah salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung vitamin D dikenal juga sebagai vitamin untuk imun tubuh karena memegang peranan penting dalam meningkatkan sistem imun. Asupan vitamin D yang cukup dapat mengurangi resiko terserang penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis dan diabetes melitus. Jika mencari makanan untuk lansia yang susah makan, pastikan mengandung nutrisi ini untuk mencukupi kebutuhan harian lansia.

 

Selain itu, vitamin ini ampuh meningkatkan modulasi respons imun bawaan dan respons imun adaptif. Artinya adalah sistem imun bisa lebih cepat melihat adanya penyakit dan menyesuaikan kemampuan untuk melawannya.

 

Kedua, lansia sebaiknya memenuhi kelompok makanan berserat, terutama kedelai, bayam, brokoli, mangga, dan tomat. Rangkaian makanan ini bisa memenuhi asupan vitamin E sehingga lansia dapat terpenuhi kebutuhan vitamin untuk imun tubuh mereka.

 

Penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition menyebutkan adanya hubungan antara asupan nutrisi vitamin E serta proses imunitas dan kualitas hidup lansia. Jika orangtua Anda tercukupi kebutuhan vitamin E-nya, maka status kesehatan dan daya tahan tubuh mereka pun cenderung lebih kuat.

 

Vitamin E juga bersifat sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas serta memberikan respons tubuh saat terjadi peradangan. Sistem imun pun dapat bekerja lebih baik menghadapi virus atau bakteri penyebab berbagai penyakit.

 

Simak: Cegah Malnutrisi pada Lansia, Kenali Tanda-Tandanya

 

Kelompok makanan lainnya yang dapat meningkat sistem kekebalan tubuh adalah asupan dengan kandungan vitamin B12, B6 dan asam folat. Anda dapat menemukannya pada ampela atau telur. Berikan ini sebagai pengganti makanan untuk lansia yang susah makan.

 

Variasikan kelompok makanan di atas sebagai menu harian orang tua. Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai jumlah seimbang yang dapat mereka konsumsi.

 

Jika orang tua sudah mengalami kesulitan saat makan, Anda dapat memilih Boost Optimum sebagai pelengkap nutrisi. Susu ini mengandung manfaat lengkap dari vitamin D, vitamin E, B6, dan B12 yang dapat menjaga kepadatan tulang serta meningkatkan imunitas tubuh.

 

Kandungan utama yaitu 50% protein whey juga efektif mempertahankan massa otot lansia. Ini berpengaruh agar mereka dapat beraktivitas dengan lancar.

 

Segelas Boost Optimum juga kaya serat pangan prebiotik dan probiotik. Kesehatan saluran cerna orang tua Anda pun dapat terjaga.

 

Jadi, sudahkah memberikan Boost Optimum untuk ayah dan ibu Anda hari ini? Berikan nutrisi terbaik sebagai pengganti makanan untuk lansia yang susah makan.