MENU PENUNJANG DAYA TAHAN TUBUH LANSIA, APA SAJA?

 

lansia lansia

 

 

Bertambahnya usia membuat kinerja tubuh semakin berkurang. Kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit pun ikut menurun. Maka, penting bagi Anda dan keluarga  untuk menjalani diet seimbang.

 

Pola makan yang sehat mengarahkan  pada kecukupan nutrisi. Jika tidak, harus segera dicari tahu makanan untuk Anda atau anggota keluarga Anda, khususnya lansia, yang susah makan. 

 

Berikut ini adalah kelompok makanan untuk mereka  yang susah makan dan dapat dikonsumsi Anda dan keluarga  Anda untuk menjaga daya tahan tubuh .

 

Kelompok makanan pertama adalah salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung vitamin D dikenal juga sebagai vitamin untuk imun tubuh karena memegang peranan penting dalam meningkatkan sistem imun. Asupan vitamin D yang cukup dapat mengurangi resiko terserang penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis dan diabetes melitus. Jika mencari makanan untuk  yang susah makan, pastikan mengandung nutrisi ini untuk mencukupi kebutuhan harian lansia.

 

Selain itu, vitamin ini ampuh meningkatkan modulasi respons imun bawaan dan respons imun adaptif. Artinya adalah sistem imun bisa lebih cepat melihat adanya penyakit dan menyesuaikan kemampuan untuk melawannya.

 

Kedua,  kita sebaiknya memenuhi kelompok makanan berserat, terutama kedelai, bayam, brokoli, mangga, dan tomat. Rangkaian makanan ini bisa memenuhi asupan vitamin E sehingga lansia dapat terpenuhi kebutuhan vitamin untuk imun tubuh seluruh keluarga .

 

Penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition menyebutkan adanya hubungan antara asupan nutrisi vitamin E serta proses imunitas dan kualitas hidup lansia. Jika tubuh tercukupi kebutuhan vitamin E-nya, maka status kesehatan dan daya tahan tubuh mereka pun cenderung lebih kuat.

 

Vitamin E juga bersifat sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas serta memberikan respons tubuh saat terjadi peradangan. Sistem imun pun dapat bekerja lebih baik menghadapi virus atau bakteri penyebab berbagai penyakit.

 

Simak: Cegah Malnutrisi pada Lansia, Kenali Tanda-Tandanya

 

Kelompok makanan lainnya yang dapat meningkat sistem kekebalan tubuh adalah asupan dengan kandungan vitamin B12, B6 dan asam folat. Anda dapat menemukannya pada ampela atau telur. Berikan ini sebagai pengganti makanan untuk  yang susah makan.

 

Variasikan kelompok makanan di atas sebagai menu harian keluarga Anda . Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai jumlah seimbang yang dapat dikonsumsi.

 

Selain mengkonsumsi makanan lengkap dan bergizi seimbang, tambahkan 1 – 2 gelas Boost Optimum pada menu harian Anda. Boost Optimum mengandung kebaikan protein whey, yaitu protein dengan kandungan asam amino yang lengkap dan mudah diserap oleh tubuh, Pastikan Anda dan keluarga tidak kekurangan protein apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Protein tidak hanya berfungsi untuk pembentukan sel tubuh (membuat tubuh jadi tinggi dan besar), juga termasuk sel-sel yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mengandung kebaikan protein whey, Boost Optimum juga dilengkapi dengan 26 Vitamin dan Mineral serta ada kandungan prebiotik dan probiotik yang dapat bekerja untuk merangsang sel-sel kekebalan mukosa usus,

 

Yuk mulai kebiasaan baik ini untuk menjaga imunitas tubuh Anda dan keluarga!

 

Temukan produk kami di toko terdekat dengan rumah Anda:

Brastagi Supermarket (Medan)

Asia Baru (Medan)

Irian Swalayan (Medan

Raja Susu

Bayi Ninja

Mitra Susu

Kapal Perang

Istana Susu

Toko Laku Susu

Lion Superindo

TipTop Supermarket

Naga Swalayan

Toko Remaja (Surabaya)

Makmur (Surabaya)

Buchi Kids (Malang)

Setiabudhi (Bandung)

Griya Yogya (Bandung)

Djati Susu (Semarang)

Ektong (Makassar)

Satu Sama (Makassar)

Grand Lucky Swalayan (Jakarta, Bali)

Dan juga di Apotik- apotik terdekat, Medicastore, dan goApotik

Serta di Nestlé Indonesia Official store (Tokopedia, Shopee)