Cegah Malnutrisi pada Lansia, Kenali Tanda-Tandanya

Proses penuaan pada seseorang telah dimulai sejak orang tersebut dilahirkan. Dan seiring dengan pertambahan usia, secara umum, kondisi lansia yang renta (frail) akan mengalami penurunan fungsi organ dan fisiologis tubuh seperti adanya perlambatan proses metabolisme dan perubahan komposisi tubuh. Kondisi tersebut seringkali menyebabkan masalah gizi pada lansia bahkan risiko malnutrisi pada lansia bisa meningkat.

Beberapa kondisi yang ditemui pada lansia di antaranya adalah:

  • Perubahan komposisi tubuh, di mana massa otot akan berkurang dan massa lemak bertambah.
  • Penurunan fungsi organ tubuh seperti penurunan indera penglihatan, penciuman, pengecapan dan pendengaran yang seringkali menjadi awal masalah gizi pada lansia.
  • Dengan banyaknya gigi yang sudah tanggal mengakibatkan gangguan pada fungsi mengunyah yang dapat berdampak pada malnutrisi pada lansia.
  • Menurunnya mobilitas usus, menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, nyeri, serta susah BAB yang dapat menyebabkan wasir.
  • Kemampuan motorik menurun, selain menyebabkan lamban, kurang aktif, dan kesulitan mengunyah makanan, juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. - Pada usia lanjut terjadi penurunan fungsi sel otak, yang menyebabkan penurunan daya ingat atau kognitif.
  • Incontinentia urine (IU) adalah pengeluaran urin di luar kesadaran, merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada usia lanjut. Mengurangi minum karena hal ini dapat mengakibatkan masalah gizi pada lansia dan berisiko terkena dehidrasi.
  • Penyakit kronis yang lazim dialami oleh lansia seperti penyakit infeksi, jantung, diabetes, saluran pernafasan, neurologi, dan lain-lain, menyebabkan nafsu makan menurun sehingga asupan makan menjadi berkurang dan pada akhirnya mengakibatkan malnutrisi.

Status malnutrisi pada lansia menjadi penting dan harus segera diatasi karena dapat menurunkan kualitas hidup lansia. Dengan bertambahnya usia harapan hidup di semua negara termasuk di Indonesia, maka tantangan yang dihadapi saat ini adalah memastikan mereka yang berusia lanjut tetap memiliki kualitas hidup yang baik, dimana salah satunya adalah memastikan lansia hidup sehat dan terbebas dari penyebab malnutrisi.