Cara Menjaga Berat Badan Ideal Pada Lansia

lansia-sehat-aktif

 

Menjaga berat badan tetap ideal sebaiknya terus dilakukan sejak dini baik bagi Anda maupun orang tua. Hal ini untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami obesitas atau kekurangan berat badan. Pasalnya, berat badan yang jauh dari ideal rawan membuka berbagai risiko penyakit, apalagi bagi lansia.

Penelitian Obesity in Elderly menyatakan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya pada lansia seperti hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit jantung. Sementara itu, kekurangan berat badan dapat membuat lansia kehilangan massa otot serta rentan terserang penyakit karena daya tubuhnya menurun.

Beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga berat badan ideal, di antaranya:

Menjaga tubuh tetap aktif

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap harinya, aktif bergerak saat di rumah dengan sering melakukan aktivitas, dan mengikuti kelas olahraga khusus lansia.

Baca Juga: Manfaat Peregangan & Nutrisi Pendukung Aktivitas Lansia

Menerapkan pola makan sehat

Pola makan serta menu yang Anda konsumsi berpengaruh besar terhadap total angka pada timbangan. Jika memungkinkan, Anda dapat memilih makanan yang lebih sehat, seperti:

  • Makanan yang mengandung protein rendah lemak, seperti ikan, daging ayam utuh, dan biji-bijian
  • Sayuran hijau
  • Biji-bijian
  • Buah-buahan

Namun, bila Anda atau orang terkasih Anda memiliki riwayat kesehatan sehingga tidak bisa menerapkan pola makan di atas, konsultasikan dengan dokter mengenai diet terbaik untuk tubuh Anda.

Sementara itu, bagi lansia yang kesulitan untuk meningkatkan berat badan, dapat membuat jadwal makan menjadi beberapa kali dan mengonsumsi snack bergizi tiap harinya. Minuman berprotein juga direkomendasikan bagi lansia yang kehilangan nafsu makan.

Mengkonsumsi nutrisi tambahan

Lansia yang mulai kehilangan nafsu makan tentunya membutuhkan nutrisi tambahan. Anda dapat mengkonsumsi susu yang kaya akan nutrisi berikut:

  • Protein Whey untuk mempertahankan kekuatan otot
  • Vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang
  • Vitamin E, B6, dan B12 untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Prebiotik dan Probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan Lemak nabati untuk menjaga kesehatan jantung

Lima kandungan di atas dapat Anda temukan pada Boost Optimum. Pelengkap nutrisi ini dapat memenuhi kebutuhan gizi lansia, terlebih jika orang tua Anda tidak sudah tidak bisa mengkonsumsi makanan harian.

Susu merupakan salah satu sumber pelengkap gizi yang tepat bagi lansia karena mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda di masa lansia. Perpaduan pola makan sehat dan seimbang dengan susu kaya nutrisi menjadi kombinasi yang lengkap dalam upaya pemenuhan kebutuhan gizi harian tubuh lansia.

Selalu berikan yang terbaik untuk menjaga berat badan lansia demi kesehatan mereka. Bagaimanapun, dukungan untuk Anda adalah semangat bagi orang tua untuk terus menjaga kesehatannya.

Referensi:

Ini Alasan Lansia Perlu Menjaga Berat Badan Ideal