KEBAHAGIAAN JADI KUNCI SEHAT LANSIA

kunci_sehat_lansia

 

Kebahagiaan punya kaitan erat dengan kesehatan, terlebih bagi orang tua Anda. Menjaga kebahagiaan adalah salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit bagi lansia. Studi Mental Health America menyebutkan bahwa stres, depresi, dan gangguan mental lain yang dialami dalam jangka panjang merupakan salah satu faktor risiko timbulnya berbagai jenis penyakit, seperti jantung, obesitas, dan gangguan pencernaan.

Selain itu, orang yang bahagia tak hanya dapat menikmati hidup, tetapi juga dapat memperpanjang umur. Hal ini dibuktikan oleh jurnal terbitan U.S. National Library of Medicine tahun 2015 berjudul Social Science & Medicine. Penelitian ini menyebutkan bahwa kelompok yang dilaporkan sangat bahagia memiliki risiko kematian lebih rendah 6% dibanding kelompok yang cukup bahagia, dan 14% lebih rendah dari yang tidak bahagia.

Saat berbahagia, lansia cenderung akan merasa lebih bersemangat. Kondisi senang juga menjadi cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Perasaan ini mendorong tubuh pada kondisi yang lebih bugar. Beberapa hal yang bisa menggambarkan tubuh yang bugar mulai dari tulang yang kuat, stamina tetap terjaga, hingga tidak memiliki masalah persendian yang dapat membatasi ruang gerak. Dengan kondisi fisik prima, orang tua Anda dapat lebih banyak melakukan berbagai kegiatan tanpa mengalami masalah kesehatan.

Baca juga: Kebahagiaan Mental Pengaruhi Kesehatan Lansia

Menjaga kebahagian bisa dilakukan dengan berbagai hal. Pertama adalah memiliki pola makan teratur dan bergizi seimbang. Dilansir dari laman resmi U.S. Department of Health and Human Services, asupan makanan dapat diatur dengan mengutamakan makanan tinggi serat seperti roti gandum, sayuran hijau pekat, serta buah-buahan.

Lansia pun disarankan mengurangi atau menghindari makanan yang digoreng. Hidangkan santapan yang diolah dengan cara dipanggang, kukus, atau rebus. Selain itu, selalu pastikan orang tua Anda memenuhi kebutuhan air putih hariannya.

Kebahagiaan dapat pula diperoleh dari melakukan aktivitas fisik. Untuk orang tua dengan kondisi tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait olahraga yang bisa dilakukan. Apabila lansia masih sanggup, mereka dapat disarankan melakukan latihan ringan, seperti berjalan kaki. Durasinya pun tidak perlu lama, cukup 30 menit sehari.

Orang tua Anda juga dapat meningkatkan kebahagiaan dengan melakukan berbagai aktivitas untuk mengisi hari. Misalnya saja dengan main bersama cucu kesayangan, memasak menu favorit bila masih bisa, atau menggeluti hobi yang digemari.

Baca juga: Berbagai Aktivitas Bantu Lansia Sehat & Bahagia

Anda pun bisa membantu menjaga kebahagiaan orang tua dengan terus memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan. Berikan Boost Optimum setiap hari sebagai pelengkap kebutuhan gizi lansia. Boost Optimum mengandung protein whey dapat membantu menjaga kondisi fisik lansia tetap kuat karena mengandung protein whey yang kaya akan leusin untuk mempertahankan kekuatan otot lansia.

Segelas Boost Optimum memiliki Vitamin E, B6, dan B12 yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Bersama Boost Optimum, mari bantu orang tua Anda selalu berbahagia untuk menjaga kesehatannya. Asupan pelengkap nutrisi ini juga merupakan cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit untuk orang tua Anda.

Referensi:

Menjalani Gaya Hidup Sehat, Kunci Lansia Bahagia di Hari Tua