BERBAGAI AKTIVITAS BANTU LANSIA SEHAT & BAHAGIA

kunci_orang_tua

 

Seiring dengan bertambahnya usia, orang tua Anda mengalami penurunan fungsi serta daya tahan tubuh. Namun, hal tersebut sebaiknya tidak menjadi alasan lansia untuk berhenti total melakukan berbagai aktivitas harian. Memiliki kegiatan rutin justru akan membantu orang tua tetap sehat, mencegah datangnya berbagai penyakit, serta melatih ketajaman pikiran.

Kegiatan bisa disesuaikan dengan kondisi dan situasi lansia. Jika diperlukan, Anda bisa meminta rekomendasi rutinitas yang cocok bagi orang tua. Secara umum, lansia bisa melakukan beberapa aktivitas di bawah ini untuk mengisi hari mereka agar tetap sehat dan bahagia.

Memiliki hobi

Pandemi Covid-19 memberikan kita lebih banyak waktu di rumah. Keterbatasan untuk ke bepergian, membuat orang tua sebaiknya mencari beragam hobi yang disukai untuk mengisi hari dan tetap merasa bahagia. Salah satu pilihan yang menyenangkan adalah memiliki hewan peliharaan.

Lansia bisa memilih hewan yang dapat diurus dengan mudah, seperti kucing, ikan mas koki atau burung kenari. Interaksi saat bermain dengan binatang kesayangan ini dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang berpengaruh pada kebahagiaan lansia. Selain itu, orang tua dipancing pula untuk aktif bergerak. Misalnya saat memberikan makanan ikan atau bermain bersama kucing.

Kegiatan menyenangkan lain yang bisa dipilih oleh lansia adalah berkebun. Saat merawat tanaman, kekuatan tangan, fleksibilitas, serta koordinasi turut dilatih. Penelitian Journal of Alzheimer's Disease juga menyatakan bahwa berkebun bisa melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, serta menurunkan risiko alzheimer hingga 50%. Di sisi lain, rumah yang dipenuhi tanaman juga lebih sehat karena dapat menjaga kebersihan udara.

Rutin membereskan rumah

Sebuah studi yang dilakukan Case Western Reserve University pada 2015 menemukan bahwa membersihkan rumah dapat membantu lansia merasa lebih sehat secara fisik. Pasalnya, bersih-bersih rumah mengharuskan lansia menggerakan tubuhnya. Secara mental, orang tua pun menjadi lebih nyaman karena tinggal di lingkungan yang bersih. Mampu menyelesaikan pekerjaan rumah juga mendatangkan rasa kepuasan tersendiri karena termasuk keberhasilan kecil yang telah dicapai.

Kegiatan beres-beres tentunya tidak perlu terlalu berat. Lansia dapat melipat pakaian, menyapu kamar atau Ketika melakukannya, orang tua sebaiknya tetap didampingi dan diawasi. Ketika orang tua sudah lelah, Anda sebaiknya menyarankan untuk segera istirahat.

Olahraga ringan

Kondisi fisik yang bugar berdampak positif pada kesehatan karena mampu menurunkan berbagai risiko kesehatan dan dapat memperpanjang usia. Rutin berolahraga efektif pula dalam membantu lansia meningkatkan kualitas tidur, selera makan, dan keseimbangan tubuh. Australian Physical Activity Guidelines mendorong lansia untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit setiap hari.

Jenis olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi fisik lansia. Lakukan peregangan ringan untuk melatih fleksibilitas otot, atau jalan cepat untuk menambah kekuatan. Lansia juga bisa memilih ragam latihan, seperti tai chi untuk melatih koordinasi serta keseimbangan tubuh.

Apapun aktivitas yang dipilih orang tua, Anda disarankan untuk tetap menemani. Keberadaan keluarga dapat membawa efek positif serta meningkatkan semangat lansia. Anda juga bisa memberikan Boost Optimum yang kaya akan protein whey yang tinggi leucin untuk mempertahankan kekuatan otot. Selain itu, ada pula kandungan Vitamin E, B6, dan B12 untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh lansia. Boost Optimum bantu lengkapi nutrisi harian orang tua Anda agar lansia tetap lancar beraktivitas setiap hari.

Referensi:

Menjalani Gaya Hidup Sehat, Kunci Lansia Bahagia di Hari Tua