Jaga Berat Badan Ideal Lansia, Pahami Indeks Massa Tubuhnya

berat-badan-orang-tua

 

Seiring bertambahnya usia, menjaga berat badan menjadi lebih menantang dan punya pengaruh besar untuk kesehatan. Terutama, jika Anda atau orang terkasih termasuk dalam kategori lansia berusia 60 tahun ke atas. Berat badan berlebih atau kurang dapat membawa risiko kesehatan tersendiri.

Untuk itu, Anda perlu menjaga atau mendukung orang tua dalam menjaga berat badan idealnya. Salah satu hal terpenting dan sering kali dilewatkan adalah memantau Indeks Massa Tubuh normal untuk lansia.

Menurut WHO, Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan indeks sederhana dari berat badan terhadap tinggi badan yang digunakan untuk mengklasifikasikan kelebihan berat badan dan obesitas pada orang dewasa.

IMT didefinisikan sebagai berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter (kg/m2). Standar kategori IMT bagi orang dewasa terbagi menjadi lima, yaitu:

  • < 18,5 = Berat badan terlalu rendah
  • 18,5 - 24,9 = Normal atau ideal
  • 25 - 29 = Berat badan berlebih atau gemuk
  • 30 - 39,9 = Obesitas
  • > 40 = Obesitas ekstrim atau risiko tinggi

Namun, perlu diingat bahwa IMT ideal pada lansia berada di kisaran 25 sampai 27. Jangan sampai Anda atau orang terkasih Anda memiliki IMT yang kurang dari 25. Bagi lansia yang berusia di atas 65 tahun, sebaiknya memiliki IMT yang lebih tinggi dari kisaran normal untuk melindungi tubuh dari risiko penipisan tulang atau osteoporosis.

Memantau IMT menghindarkan lansia dari risiko penyakit yang terbuka saat kekurangan atau kelebihan berat badan. Kekurangan berat badan dapat membuat lansia kehilangan massa otot. Lansia juga bisa kehilangan nutrisi penting sehingga rentan terhadap serangan infeksi dan penyakit lainnya.

Sementara itu, mengutip dari studi berjudul Obesity in Elderly, obesitas merupakan masalah kesehatan yang harus diperhatikan karena dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya pada lansia seperti hipertensi, dislipidemia (kolesterol tinggi), diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga: Pengaruh Obesitas dan Kurang Berat Badan pada Kesehatan Lansia

Untuk menghindari obesitas dan kekurangan berat badan, Anda dapat membantu orang tua untuk selalu menerapkan pola hidup aktif. Lakukan olahraga ringan atau sering melakukan aktivitas yang membuat tubuh tetap bergerak.

Aktivitas lansia tersebut sebaiknya dibarengi pula dengan asupan nutrisi seimbang. Konsumsi makanan yang benar-benar memenuhi kebutuhan gizi harian. Utamakan makanan yang mengandung protein rendah lemak, seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur ayam, daging sapi tanpa gajih, dan kacang-kacangan. Selain itu, lansia juga disarankan banyak mengkonsumsi sayuran hijau, dan buah-buahan sebagai sumber serat.

Baca Juga: Cara Menjaga Berat Badan Ideal Pada Lansia

Bila orang tua Anda mulai kehilangan nafsu makan, pastikan tetap memberikan asupan pelengkap nutrisi seperti Boost Optimum. Segelas Boost Optimum mengandung protein whey, Vitamin E, B6, dan B12. Kandungan di dalam Boost Optimum bantu lansia untuk mempertahankan kekuatan otot serta menjaga kepadatan tulang. Anda pun dapat selalu menjaga orang tua memiliki Indeks Massa Tubuh untuk berat badan ideal mereka.

Referensi:

Ini Alasan Lansia Perlu Menjaga Berat Badan Ideal