AKTIVITAS FISIK TERBAIK UNTUK LANSIA YANG BERPUASA

olahraga-saat-puasa

 

Puasa sering kali dikaitkan dengan pengurangan aktivitas fisik, padahal tidak juga. Justru, tubuh, terutama fungsi otot dan persendian, akan terasa semakin lemah bila tidak digerakkan. Namun, olahraga memang tidak bisa dilakukan secara berlebihan, apalagi untuk lansia yang berpuasa.

 

Aktivitas fisik tetap disarankan untuk lansia agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Peregangan otot pun dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh orang tua Anda.

 

Selama berpuasa, lansia disarankan untuk melakukan olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak gerakan sulit. Lansia juga bisa melakukan alternatif gerakan-gerakan peregangan kecil.

 

Stretching yang bisa dilakukan bisa dimulai dari melatih pernafasan, peregangan leher dengan memutar kepala secara perlahan-lahan. Kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan peregangan tangan dengan mengangkat lengan kemudian merentangkan tangan pelan-pelan.

 

Jika mau ditambah, lansia juga bisa melakukan peregangan kaki dengan mengangkat kaki satu per satu. Ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri tergantung kekuatan tubuh.

 

Simak: Usia Lanjut Tetap Sehat di Akhir Tahun dengan 4 Tips Ini

 

Olahraga yang disarankan bagi lansia yang berpuasa adalah berjalan kaki atau yoga. Tentunya dengan beberapa catatan ya. Anda sebaiknya mengatur durasi sesuai dengan kemampuan fisik lansia. Segera berhenti bila telah mulai merasa letih atau haus.

 

Olahraga dan stretching dapat dilakukan di sore hari menjelang atau setelah berbuka puasa. Ini untuk menjaga lansia agar lansia bisa cepat mendapatkan asupan cairan bila terjadi dehidrasi atau mulai merasa lemas dan pusing. Setelah berolahraga, selalu pastikan orang tua Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup.

 

Mari dukung orang tua untuk terus aktif dan tetap bisa menjalani aktivitas dengan baik setiap harinya. Terlebih, bagi mereka yang masih semangat menjalani ibadah puasa.

 

Referensi:

 

HalloSehat, 3 Hal yang Harus Diperhatikan Lansia Saat Sahur dan Berbuka Puasa