Waktu Istirahat Optimal Bantu Capai Pertumbuhan Maksimal Buah Hati

waktu-istirahat-anak

 

Tahukah Ayah dan Ibu bahwa waktu istirahat sangat krusial untuk pertumbuhan buah hati? Sebuah studi yang dilakukan Sleep Foundation membuktikan bahwa waktu tidur dapat yang tidak tercukupi bagi anak-anak akan berdampak pada, kinerja kognitif; suasana hati, pembelajaran dan memori anak. Ketahanan tubuh serta kemampuan mereka untuk berkonsentrasi juga dipengaruhi oleh kecukupan tidur anak.

Anak-anak yang kurang tidur lebih besar memiliki risiko obesitas daripada mereka yang cukup tidur. Pasalnya ketika kurang tidur, anak cenderung lebih banyak makan dan kurang aktif secara fisik sehingga berdampak pada berat dan tinggi badan.

Pada balita, tidur memiliki efek penting bagi pertumbuhan. Tidak hanya tidur di malam hari, tidur siang pun penting bagi konsolidasi memori dan konsentrasi anak. Si kecil juga bisa lebih berkembang kemampuan motoriknya saat cukup tidur. Kemampuan ini berguna untuk membuat anak selalu bisa aktif menjalani hari.

Waktu tidur yang dibutuhkan si Kecil cenderung lebih lama dari orang dewasa. Durasinya berbeda-beda di setiap tahapan usia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, berikut kebutuhan tidur anak usia 1 sampai 10 tahun:

  • Usia 1-2 tahun = 11-14 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • Usia 3-5 tahun = 10-13 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • Usia 6-12 tahun = 9-12 jam per hari

Agar anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, orang tua dapat membiasakan jadwal tidur yang konsisten. Ciptakan juga suasana nyaman agar anak tidur dengan lelap. Tidur berkualitas juga penting untuk mengembalikan energi anak dan membuat mereka semangat menjalani aktivitas harian.

Kenyamanan tidur ini dapat diciptakan dengan suasana kamar tidur yang rapi dan bersih. Orang tua juga dapat memberikan susu sebagai asupan bernutrisi sebelum tidur. Segelas susu hangat dipercaya dapat meningkatkan suhu tubuh anak dan membuat mereka merasa mengantuk. Anda dapat memilih susu dengan nutrisi terbaik yang mudah diserap tubuh ketika anak beristirahat.

Nutren Junior yang kini hadir dengan kemasan baru adalah salah satu pilihan tepat dengan kandungan protein whey yang mudah dicerna dan diolah kandungannya dalam tubuh. Mengkonsumsi segelas susu pertumbuhan ini membawa kebaikan omega 3, 6, dan DHA, serta kalsium untuk pertumbuhan otak dan tubuh buah hati Anda. Mari berikan yang terbaik untuk masa depan anak-anak yang cemerlang.

Referensi:

Cara Sehat Bantu Anak Capai Berat dan Tinggi Badan Ideal