7 Tips Cara Merawat Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia, Tidak Sulit Kok!

kk

 

Semakin bertambahnya usia, orang tua akan membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Merawat orang tua di rumah memang dapat menjadi hal yang tricky, tapi pada dasarnya tidak sulit untuk dilakukan, kok. Hal yang harus kita pastikan adalah orang tua kita bisa dengan mudah mendapatkan apa yang dibutuhkan. Dalam hal ini, komunikasi yang baik antara anak dan orang tua sangat dibutuhkan. Mengapa Lansia Membutuhkan Perhatian Khusus?

Dilansir dari World Health Organization (WHO), secara biologis, penuaan dihasilkan dari dampak akumulasi berbagai kerusakan molekuler dan seluler yang terjadi seiring waktu. Kondisi ini menyebabkan penurunan kapasitas fisik dan mental secara bertahap, peningkatan risiko penyakit, atau bahkan kematian.

Beberapa kondisi fisik yang umum dialami lansia adalah sepert gangguan pendengaran, katarak dan gangguan penglihatan, nyeri punggung dan leher, radang sendi, penyakit paru obstruktif kronis, diabetes, depresi, hingga demensia. Namun tentunya, hal ini berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang tua yang masih sehat secara fisik di usia yang sudah lanjut, ada juga yang membutuhkan perawatan khusus.

Selain penyakit-penyakit tersebut, terdapat juga sekumpulan kondisi yang umum terjadi pada lansia yang disebut dengan sindrom geriatri. Sindrom ini juga bisa muncul akibat beberapa kondisi yang mendasarinya. Kondisi yang termasuk sindrom ini termasuk inkontinensia urin, delirium, jatuh, hingga ulkus dekubitus (luka pada kulit akibat berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama).

Selain perubahan biologis, penuaan juga dikaitkan dengan transisi kehidupan lain seperti pensiun, perpindahan tempat tinggal, hingga kematian orang terdekat (pasangan atau teman). Maka dari itu, proses ini dapat menjadi hal yang berat baik dalam segi fisik maupun mental.

Menurut WHO, perawatan kesehatan terhadap lansia seharusnya tidak hanya memperbaiki faktor-faktor yang rusak atau hilang akibat penuaan, tapi juga harus memperkuat pemulihan, membantu adaptasi, dan mendukung pertumbuhan psikososial.

Dalam merawat orang tua yang sudah lanjut usia, tentunya kita harus dapat memperhatikan perubahan kondisi fisik dan mental yang terjadi pada orang tua. Jika tidak, orang tua mungkin akan kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

7 Tips Cara Merawat Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia

Bagaimana cara merawat lansia di rumah yang benar? Berikut beberapa tipsnya:

  • Pahami kebutuhan orang tua

Jika ingin merawat orang tua yang sudah lanjut usia, kita harus lebih dulu memahami kebutuhan dan bantuan apa saja yang dibutuhkan orang tua kita dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang tua memiliki kebutuhan yang berbeda bergantung pada kondisinya masing-masing.

Membuat catatan khusus akan membantu Anda dalam mengumpulkan informasi dan mengingat apa saja yang dibutuhkan orang tua. Dengan memahami kebutuhan orang tua ini, proses merawat orang tua pun akan jadi lebih mudah. poin ini jadi redundant ga ya sama nomor2 selanjutnya? apa ga sebaiknya dijelaskan dengan memahami kebutuhan orang tua bisa tercapai saling pengertian. merawat orang tua pun jadi lebih mudah

  • Pastikan kondisi rumah aman dan ramah untuk lansia

Jika ingin merawat orang tua di rumah, maka Anda harus memastikan bahwa rumah yang ditinggali aman dan ramah untuk orang tua. Salah satu masalah yang rentang terjadi pada orang tua adalah tersandung atau terjatuh hingga melukai diri sendiri. Pada beberapa kasus, terjatuh dapat berakibat fatal.

Berikut adalah beberapa perbaikan yang dapat dilakukan untuk mencegah orang tua terjatuh:

  1. Pastikan setiap permukaan lantai dan jalan setapak bersih dari barang yang berantakan, kabel, maupun karpet.
  2. Menambahkan pegangan di kamar mandi dan railing tangga.
  3. Memastikan lampu di setiap ruangan terang dan sakelarnya mudah diakses.
  4. Memastikan barang yang dibutuhkan orang tua berada di tempat yang mudah dijangkau.
  5. Jangan biarkan orang tua membungkuk terlalu rendah atau melakukan posisi sulit lainnya ketika mengambil barang.

 

  • Perbanyak informasi tentang perawatan untuk lansia

Cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia selanjutnya adalah dengan menghimpun berbagai informasi tentang perawatan lansia. Dibutuhkan sekarang maupun tidak, mencari informasi tentang spesialis geriatri penting untuk dilakukan. Anda dapat mencari informasi tentang rumah sakit terdekat, jadwal dokter, hingga estimasi biaya pengobatan yang akan dibutuhkan.

Selain informasi tentang dokter geriatri, informasi lain yang tidak kalah penting adalah tentang pengasuh lansia. Hal ini tentunya wajib dipertimbangkan terutama bagi Anda yang tidak tinggal bersama orang tua atau bekerja.

  • Pastikan akses komunikasi mudah

Rasa kesepian dan merasa terisolasi dapat memberikan efek negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, pastikan orang tua Anda dapat berkomunikasi dengan keluarga maupun teman dengan mudah, sehingga tidak merasakan hal tersebut.

Kemudahan komunikasi ini juga penting diperhatikan bagi Anda yang tidak tinggal bersama orang tua atau tinggal bersama namun tidak dapat terus berada di rumah. Dengan komunikasi yang mudah diakses, orang tua Anda dapat dengan mudah meminta bantuan ketika dibutuhkan.

  • Libatkan orang tua dalam prosesnya

Ketika Anda merawat orang tua, bukan berarti semua keputusan harus diputuskan oleh Anda sendiri. Pastikan Anda juga bertanya pada orang tua perawatan seperti apa yang membuatnya lebih nyaman, makanan seperti apa yang lebih disukai, dan sebagainya.Jika terlalu dipaksakan dan merasa tidak memiliki pilihan, ditakutkan orang tua justru akan menolak perawatan yang diberikan.

Keterlibatan orang tua ini akan membuat mereka lebih merasa didengar dan dihargai. Dengan begitu, tentu saja proses Anda dalam merawat orang tua dapat menjadi lebih mudah.

  • Pastikan kesiapan diri sendiri

Sebelum memastikan perawatan untuk orang tua, Anda harus lebih dulu memastikan kebutuhan dan kemampuan Anda lebih dulu. Jika ingin tinggal bersama orang tua, maka diskusikan dengan orang tua apakah rumah Anda atau rumah orang tua yang sebaiknya ditinggali?

Beberapa orang tua mungkin membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda belum familiar dengan perawatan tersebut, Anda dapat mulai mencari tahu bagaimana cara mempelajarinya atau Anda dapat juga mencari informasi tentang tenaga profesional yang dapat membantu perawatan tersebut.

Dukungan keluarga memberikan semangat para orang tua untuk tetap sehat. Maka dari itu, sangat penting bagi para anak untuk memberikan perawatan yang baik untuk orang tuanya yang sudah lanjut usia. Sebagai keluarga, anak dan orang tua dapat menjadi support system satu sama lain yang dapat saling menghibur dan menguatkan.

  • Perhatikan asupan nutrisi orang tua

Kebutuhan nutrisi seseorang berubah-ubah seiring bertambahnya usia. Berbagai masalah kesehatan juga dapat membuat sebagian orang tua mendapatkan perhatian khusus dalam hal makanan. Pastikan Anda memperhatikan asupan nutrisi orang tua dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. Asupan nutrisi yang baik tentunya akan mendukung kesehatan dan kebugaran orang tua agar dapat beraktivitas dengan normal setiap harinya.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan bagi Anda yang harus merawat orang tua yang sudah lanjut usia. Dengan komunikasi yang baik dengan orang tua, proses ini tidak akan sulit dilewati. Merawat orang tua dapat menjadi hal yang menantang. Akibat berbagai perubahan yang terjadi dalam hidupnya, orang tua mungkin akan mengalami masa sulit. Salah satu masalah yang paling umum dihadapi adalah susah makan. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh kondisi psikologis maupun kondisi fisik yang mungkin dialami.

Jika orang tua mengalami hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan susu untuk lansia yang susah makan seperti Boost Optimum. Susu dengan protein whey, serat pangan, vitamin E, B6, dan B12 ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk lansia.

Artikel ini telah direview oleh dr. Eko Budidharmaja

Referensi:

  1. Anonim. Ageing and health. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ageing-and-health. Diakses 10 Juni 2021.
  2. DailyCaring Editorial Team. 7 STEPS TO TAKE WHEN AGING PARENTS NEED HELP. https://dailycaring.com/7-steps-to-take-when-aging-parents-need-help/. Diakses 10 Juni 2021.
  3. King, Elizabeth Laiza. 2016. The Simple Guide to Caring for Elderly People. https://www.huffpost.com/entry/the-simple-guide-to-carin_1_b_12885810. Diakses 10 Juni 2021.