Susu Penambah Berat Badan untuk Orang Tua agar Tetap Sehat dan Bugar

 

Susu penambah berat badan orang tua

Susu adalah minuman sehat yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi esensial untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Susu tidak hanya penting untuk anak-anak, namun susu juga disarankan untuk Anda agar tetap sehat hingga memasuki usia senja. 

Susu penambah berat badan dapat mendukung pemeliharaan kesehatan agar berat badan Anda stabil dan mengurangi risiko penyakit terkait usia. Pasalnya, semakin bertambah usia, biasanya Anda berpotensi mengalami penurunan berat badan secara drastis akibat perubahan hormon dan fungsi organ. 

Dalam pembahasan ini, mari pelajari tentang penyebab berat badan Anda menurun dan rekomendasi susu penambah berat badan untuk orang dewasa beserta tips kesehatan lainnya. 
 

Penyebab Berat Badan Turun

Memiliki berat badan ideal sangat penting pada setiap tahapan usia kehidupan, termasuk bagi orang dewasa karena sangat berpengaruh pada kesehatan dan produktivitas individu. Sayangnya, seiring bertambahnya usia Anda bisa mengalami perubahan fisiologis seiring yang memicu masalah nafsu makan, gangguan pencernaan, dan penyakit terkait usia yang pada gilirannya memicu penurunan berat badan. 


Berikut ini beberapa penyebab berat badan Anda menurun:
1. Gangguan Makan 
Ada banyak perubahan, seiring bertambahnya usia. Seperti perubahan indera perasa, masalah nafsu makan, sulit menelan (disfagia), serta sering mual dan muntah saat makan. Dan ini menjadi penyebab pertama penurunan berat badan.

2. Efek Obat-obatan Tertentu 
Di momen-momen tertentu, Anda mungkin mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan dalam satu waktu yang menyebabkan efek samping berupa penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan secara drastis. Efek samping itu juga diikuti dengan gejala perubahan penciuman, mulut kering, dan muntah-muntah. 

3. Penyakit yang Mendasarinya 
Orang dewasa yang memiliki riwayat penyakit kanker bahkan dapat mengalami penurunan berat badan hingga 24%-38% dari semua kasus. Jadi, ketika Anda mempunyai riwayat penyakit tertentu, ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan turunnya berat badan Anda.

4. Masalah Kesehatan Mental 
Penurunan berat badan secara drastis mungkin terjadi efek dari rasa kesepian, kesedihan, dan isolasi sosial. Masalah kesehatan mental lain seperti gangguan kegelisahan (anxiety disorder) dan depresi dapat menurunkan nafsu makan dan kelalaian dalam merawat diri sendiri, sehingga Anda pun lupa pentingnya menjaga berat badan.

Pada orang dewasa, asupan kalori bisa menurun 500-1.000 kalori per hari akibat berbagai faktor-faktor tersebut. Akibatnya, kesehatan Anda akan semakin terganggu dan produktivitas pun jadi berkurang. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi dan agar Anda bisa tetap sehat dan bisa menikmati banyak momen bahagia. 
 

Susu Penambah Berat Badan 

Setiap orang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya melalui asupan makanan bergizi setiap hari agar tetap sehat. Namun, di kondisi tertentu, Anda butuh asupan tambahan karena mungkin fungsi organ tubuh sudah menurun dan tubuh cenderung tidak dapat memproses serta menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.
 
Oleh karena itu, Anda membutuhkan sumber asupan nutrisi lain yang lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, seperti dengan mengonsumsi suplemen makanan, vitamin tambahan, atau susu. Susu baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda yang tidak didapat dari makanan, serta proses pencernaan susu di dalam tubuh dianggap lebih ramah daripada vitamin atau suplemen makanan. 

Ketahui apa saja manfaat susu penambah beratuntuk tubuh Anda:

1. Mengandung Kalori Sehat
Seperti yang sudah disebutkan, Anda dapat mengalami penurunan asupan 500-1.000 kalori per hari yang berakibat pada penurunan berat badan. Bila ingin menaikkan berat badan, usahakan kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda lebih banyak dibanding kalori yang dibakar setelah beraktivitas. Dilansir dari UC Davis Health, seorang pria membutuhkan sekitar 2.000 kalori sementara wanita harus konsumsi 
1.600-2.000 kalori per hari. 

Salah satu sumber kalori sehat yang dianjurkan adalah susu. Susu sapi jenis tinggi lemak dapat memberikan kalori ekstra lengkap dengan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya untuk memelihara kesehatan tubuh dan menambah berat badan. 

2. Mengandung Protein Berkualitas Tinggi 
Susu mengandung sumber protein tinggi terbaik. Kekurangan protein dapat menyebabkan Anda mengalami penurunan berat badan dari waktu ke waktu. Konsumsi jumlah protein yang cukup juga akan membantu membangun massa otot, mempercepat penyembuhan, memproses kalori jadi energi (bukan lemak), dan menjaga berat badan ideal. 

3. Mudah Dikonsumsi
Konsumsi susu setiap hari dianggap lebih mudah dan lebih menyenangkan daripada harus minum vitamin atau suplemen makanan dalam bentuk tablet atau pil.

Minum susu penambah berat badan menjadi solusi efektif agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Susu juga memiliki rasa yang enak dan segar.

Selain membantu menambah berat badan dan melengkapi kebutuhan nutrisi harian, berikut ini manfaat lain susu bagi kesehatan orang dewasa:

Menjaga kesehatan tulang. Susu mengandung vitamin D dan kalsium untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. 
Pertumbuhan otot. Satu gelas susu mengandung 5-9 gram protein untuk menjaga kekuatan otot yang seringkali menjadi masalah di usia lanjut. 

Membantu meredakan gejala heartburn. Heartburn adalah sensasi terbakar, panas, dan perih di dada yang umumnya terjadi setelah mengonsumsi makanan pedas atau berminyak. Kalsium pada susu dapat membantu menetralisir asam serta mencegah kerusakan jaringan lunak. Protein pada susu diklaim dapat mengurangi gejala heartburn karena namun belum dapat dipastikan. 

Mengontrol tekanan darah normal. Produk olahan susu mengandung kalsium, potasium, dan magnesium yang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, dikaitkan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Salah satu rekomendasi susu penambah berat badan untuk Anda adalah susu Boost Optimum dari Nestle yang mengandung 50% protein whey, vitamin D, E, B6, B12, lengkap dengan 26 vitamin dan mineral, lemak nabati sehat, rendah laktosa, tanpa penambahan gluten, bebas lemak trans. 

Rekomendasi minum susu untuk pemenuhan nutrisi harian adalah 2 kali sehari, dengan tetap mengusahakan untuk mengonsumsi makanan sehat. Cara minum susu whey protein Boost Optimum adalah dengan melarutkan 7 sendok takar penuh (57 gram) bubuk susu ke dalam 210 ml air hangat, lalu aduk rata dan segera dikonsumsi sampai habis. Waktu terbaik minum susu adalah pagi dan malam sebelum tidur. 

Ingatkan keluarga Anda untuk jangan lupa makan bergizi lengkap seimbang, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup. Konsumsi pula susu Boost Optimum setiap hari untuk melengkapi nutrisi, mengembalikan produktivitas, menjaga berat badan ideal, dan selalu fit serta bahagia hingga usia lanjut! Susu Boost Optimum adalah solusi tepat sebagai persiapan agar bisa tetap sehat hingga usia lansia nantinya! 


Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Ursula Penny Putrikrislia.

Referensi: 

  1. Arnarson, Atli, BSc, PhD. 2019. Milk 101: Nutrition Facts and Health Effects. https://www.healthline.com/nutrition/foods/milk. (Diakses pada 25 Agustus 2021). 
  2. Clarkson, Sondra. 2021. What Weight Gain Drink Is Good to Gain Weight in Elderly People?. https://www.livestrong.com/article/495689-what-weight-gain-drink-is-good-to-gain-weight-in-elderly-people/. (Diakses pada 25 Agustus 2021).
  3. Lang, Ariane, BSc, MBA. 2019. Does Milk Relieve Heartburn?. https://www.healthline.com/nutrition/milk-for-heartburn. (Diakses pada 13 September 2021). 
  4. Mount Sinai Hospital. 2021. Seniors and Nutrition. https://www.mountsinai.on.ca/patients/services/nutrition/healthy-living/seniors-and-nutrition.   (Diakses pada 25 Agustus 2021).
  5. S. Stern, Judith, Sc.D. 2010. Senior citizens have special nutritional needs. https://health.ucdavis.edu/welcome/features/20100616_senior_nutrition/. (Diakses pada 25 Agustus 2021). 
  6. SAUER, ALISSA. 2021. Why Do Seniors Lose Weight?. https://www.leisurecare.com/resources/why-do-seniors-lose-weight/. (Diakses pada 25 Agustus 2021). 
  7. Streit, Lizzie, MS, RDN, LD. 2019. Does Milk Help You Gain Weight?. https://www.healthline.com/nutrition/milk-and-weight-gain. (Diakses pada 25 Agustus 2021). 
  8. The Daily Beacon. 2021. Milk for Older People: What Are the Benefits?. https://www.dailybeacon.com.au/milk-for-elderly-what-are-the-benefits/. (Diakses pada 25 Agustus 2021).