Seimbangkan Diet Untuk Kesehatan Anda

 

 

Nutrisi adalah bahan bakar yang membantu tubuh bekerja dengan optimal, membuat anda mampu bernapas, bergerak dan berpikir normal. Diet yang seimbang memenuhi nutrisi penting yang tepat untuk membantu anda mendapat keseimbangan vitamin, mineral, fiber, protein, karbo dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan sehari-hari. Kelebihan atau kekurangan satu nutrisi saja akan menghilangkan keseimbangan diet.

Darimana harus memulai

Bentuk diet yang lebih sehat berdasarkan ukuran porsi yang sesuai dari lima kelompok makanan, termasuk buah-buahan dan sayuran. Kebanyakan, buah-buahan dan sayuran alami rendah akan lemak, sodium dan kalori tapi kaya akan nutrisi seperti kalium, serat, vitamin C, A dan asam folat. Jika anda butuh bantuan, anda bisa berkonsultasi lebih lanjut ke tenaga ahli seperti dokter atau nutrisionist.

Tetap Utuh

Setidaknya separuh dari biji-bijian yang anda konsumsi harus biji-bijian utuh, bisa jadi sereal, roti, keripik, pasta atau nasi. Biji-bijian utuh mengandung serat, vitamin B dan mineral seperti zat besi serta magnesium.

Perkuat tulang dengan kalsium

Untuk sumber kalsium anda, beralihlah ke susu bebas lemak atau rendah lemak (1%). Susu dan beberapa produk berbahan dasar susu juga dilengkapi dengan vitamin D yang penting untuk penyerapan kalsium. Jika anda adalah penderita intoleransi laktosa, pilihlah produk bebas laktosa. Banyak makanan non-dairy yang menambahkan kalsium, seperti dalam beberapa produk sereal, roti, jus jeruk dan susu soya. Pastikan juga anda membaca tabel gizi di kemasan produk dengan teliti untuk menemukan mana yang mengandung kalsium. Selain susu, sayuran berdaun hijau juga mengandung kalsium.

Bentuk otot dengan protein

Protein adalah elemen pembentuk otot yang penting. Anda bisa mendapat asupan protein harian dari daging-dagingan, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain mendapat protein, makanan ini juga sumber penting zat besi, magnesium, zinc dan vitamin E.

Selalu jaga diet yang seimbang

Kita semua tahu betapa sulitnya menjaga asupan makanan agar tetap seimbang. Tapi kabar baiknya, anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen nutrisi seperti Boost Optimum yang bisa mengisi celah kekurangan tersebut. Dengan vitamin dan mineral penting ditambah nutrisi kunci lainnya, mudah bagi anda untuk tetap berada di jalur diet yang seimbang.