NUTRISI PENTING DUKUNG LANSIA TETAP AKTIF

lansia berolahraga

 

Bertambahnya usia tidak selalu diikuti dengan penurunan semangat untuk beraktivitas. Sering kali, orang tua masih ingin melakukan berbagai hal di rumah atau aktif melaksanakan beragam kegiatan sosial. Di sinilah peran Anda untuk mendukung mereka dengan memberikan nutrisi terbaik.

Kecukupan nutrisi memberikan kekuatan fisik serta energi penunjang aktivitas bagi orang tua. Apa saja yang sebaiknya masuk catatan Anda? Hal pertama yang wajib dikonsumsi adalah sumber protein, lebih baik lagi jenis protein whey.

Protein whey dapat membantu meningkatkan massa otot serta memulihkan otot setelah melakukan aktivitas fisik. Protein whey juga memiliki kebaikan sistein yang efektif meningkatkan kekebalan tubuh. Sistein sendiri merupakan asam amino dengan kandungan antioksidan yang mampu melawan berbagai bakteri, virus atau penyakit lainnya.

Selanjutnya, jaga kekuatan otot dan tulang orang tua dengan memenuhi kebutuhan kalsium mereka. Asupan kalsium dengan mudah bisa didapatkan dari beragam jenis makanan, seperti brokoli, tahu, kacang-kacangan, dan ikan. Kecukupan kalsium menurunkan resiko patah tulang serta osteoporosis.

Aktivitas fisik lansia lebih baik juga didukung dengan asupan lemak. Lemak dapat diubah menjadi energi cadangan setelah karbohidrat sebagai bahan bakar tubuh. Untuk lansia, lemak terbaik adalah lemak nabati yang didapatkan dari makanan, seperti alpukat dan jenis kacang-kacangan.

Lansia juga memerlukan vitamin B6 dan B12 yang mendukung proses perubahan protein dan gula menjadi energi dalam tubuh. Pemenuhan kedua vitamin ini berpengaruh dalam menambah tenaga orang tua Anda dalam menjalankan aktivitasnya.

Lansia juga tidak boleh ketinggalan mengkonsumsi asupan makanan sumber vitamin E. Antioksidan dalam vitamin E efektif meredakan kram otot dan stres oksidatif yang dapat timbul saat berkegiatan.

Vitamin E bermanfaat pula meningkatkan respons imun tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Penelitian Oxidative Medicine and Cellular Longevity menemukan bahwa vitamin E punya sifat anti-penuaan untuk otot karena antioksidan di dalamnya mencegah hilangnya massa otot.

Beragam asupan nutrisi di atas bisa dapatkan dalam segelas Boost Optimum. Anda dapat memberikan Boost Optimum sebagai pelengkap gizi harian atau pengganti makanan bagi lansia. Bersama Boost Optimum, terus dukung terus lansia untuk tetap sehat serta mampu menjalani aktivitas harian mereka.

Sumber:

HelloSehat, Manfaat Latihan Peregangan bagi Lansia