MINERAL PENDUKUNG DAYA TAHAN TUBUH LANSIA

 

daya-tahan-lansia

 

Pentingnya Mineral

Mineral adalah salah satu nutrisi krusial yang dibutuhkan oleh lansia. Terlebih untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Kekurangan mineral beresiko menimbulkan berbagai penyakit yang menyerang sistem imun, mulai dari batuk, pilek, hingga gangguan pada saluran cerna.

Ada dua mineral yang penting untuk dicukupi oleh orang tua Anda demi menjaga kinerja sistem imun mereka berjalan baik. Apa saja? Simak di bawah ini.

Kandungan mineral pertama adalah Zat Besi. The American Journal of Clinical Nutrition (2004) melansir bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan imunitas bawaan dan adaptif. Hal ini membuat lansia lebih rentan terkena infeksi karena sistem imun mereka tidak kuat melawan bakteri.

Untuk itu, penting bagi lansia memasukkan makanan yang mengandung zat besi dalam menu diet sehari-hari. Anda dapat memilih konsumsi ikan, terutama tuna dan sarden. Pilih yang besarannya sesuai dengan kebutuhan atau bisa juga menjadi variasi harian. Kandungan zat besi dalam tuna sebesar 1.31 mg, sedangkan pada sardin sebesar 2.92 mg.

Pada sayuran, zat besi bisa ditemukan dalam bayam, brokoli, dan kale. Sementara dalam keluarga kacang-kacangan, Anda dapat mengambil manfaat zat ini dari kedelai serta kacang merah.

Simak: Nutrisi Khusus Lansia, Apa Saja?

Selain zat besi, zinc juga menjadi komponen mineral penting yang sebaiknya selalu dipenuhi oleh lansia. Kebutuhan asupan zinc didukung oleh penelitian lembaga Immunity and Ageing. Studi menyatakan, mineral ini merupakan salah satu nutrisi esensial bagi sistem imun dalam tubuh, terutama bagi lansia.

Tubuh membutuhkan zinc untuk meningkatkan dan mengaktifkan T-limfosit atau sel T. Saat kadar zinc dalam tubuh rendah, respons limfosit dalam sistem imun turut berkurang. Perubahan respons limfosit ini berhubungan dengan pneumonia pada lansia yang dapat berakibat pada infeksi paru-paru.

Asupan zinc sebaiknya lebih diperhatikan karena cukup sering terjadi kekurangan pada mereka ang berusia senja. Sumber mineral ini dapat ditemukan pada makanan, seperti tiram, ayam, dan kacang-kacangan.

Untuk memenuhi asupan nutrisi lansia, lebih mudah bisa Anda dapatkan dengan memberikan Boost Optimum. Dengan kandungan 50% Protein Whey, Boost Optimum mengandung Leucin untuk mempertahankan kekuatan otot lansia.

Selain itu juga kaya vitamin D, vitamin E, B6, dan B12 yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh orang tua. Pencernaan pun lancar dengan kandungan Probiotik serta Prebiotik.

Mari bantu penuhi nutrisi orang tua Anda dengan mendukung mereka agar tetap sehat. Mereka pun bisa tenang menjalani hari dengan aktif serta bahagia.

Referensi:

HalloSehat, Ragam Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Sistem Imun Lansia