Pola Makan yang Sehat untuk Pencegahan Diabetes

pola-makan-cegah-diabetes

 

Menerapkan diet sehat merupakan salah satu cara efektif dalam menjauhkan keluarga dari diabetes. Diet sehat dengan pemilihan nutrisi yang tepat membantu tubuh menstabilkan gula darah, serta menghindari lonjakan gula darah tinggi.

Sekadar catatan, Anda wajib waspada jika kadar gula darah menyentuh angka di atas 200 mg/dL. Angka itu mengartikan bahwa Anda diabetes. Sedangkan, gula darah normal bila kurang dari 140 mg/dL, dan Anda dikatakan pre-diabetes saat angka gula darah 140-199 mg/dL.

Maka, Anda sebaiknya selalu memastikan setiap makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Setidaknya, menu harian mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Berikut ini adalah beberapa alternatif makanan yang lebih sehat untuk menu harian Anda, yaitu:

  • Makanan pokok: nasi merah, kentang, jagung
  • Protein hewani: ikan, ayam tanpa lemak, daging tanpa lemak
  • Protein nabati: kacang-kacangan, tahu, tempe
  • Sayuran: brokoli, wortel, bayam, kangkung, buncis, dan lainnya
  • Buah-buahan: apel, pisang, stroberi, bluberi, melon, madu

Khususnya untuk jenis karbohidrat, Anda bisa memilih karbohidrat sederhana. Pemilihan ini bertujuan agar gula dapat diproses cepat menjadi energi di dalam tubuh. Karbohidrat sederhana juga mudah ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran.

Menjaga pola makan bukan berarti Anda tidak bisa mengkonsumsi kudapan dengan kadar gula tinggi atau berbagai jenis menu lainnya. Namun, lebih kepada pemahaman untuk memilih asupan yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Kebiasaan menyantap camilan tidak harus dihilangkan, tetapi dikurangi atau diganti dengan yang lebih sehat.

Takaran porsi tersebut tidak hanya berlaku saat Anda menyantap kudapan, tetapi juga makanan sehari-hari. Makanlah dengan porsi secukupnya dan berhenti ketika sudah kenyang. Anda juga bisa membiasakan makan dalam porsi kecil dan sering agar terus merasa kenyang, sehingga tidak kalap dalam makan.

Menjaga pola makan dapat pula melindungi berat badan Anda pada batas yang sehat. Berat badan yang meningkat dapat lebih tinggi membuka risiko diabetes.Kebutuhan porsi makanan, termasuk asupan karbohidrat, protein, dan lemak harian dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan rentang usia. Anda dapat melihat tabel kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan RI sebagai acuan.

Setelah memastikan menu makanan bergizi yang sesuai dengan pola hidup, Anda juga dapat menambahkan Nutren Diab sebagai pelengkap nutrisi harian. Nutren Diab dibuat khusus dengan 30 jenis vitamin dan mineral, serta mengandung karbohidrat kompleks yang mengontrol gula darah.

Mari terapkan pola makan yang sehat untuk pencegahan dini diabetes. Terapkan sekarang untuk Anda tuai manfaat baiknya di hari tua.

Referensi:

Ibu, Ini Cara Cegah Risiko Diabetes pada Keluarga Tercinta Sejak Dini