Terapkan Cara Menambah Berat Badan dengan Susu, Perhatikan Nutrisi Ini

apel

 

Susu sering kali menjadi pilihan untuk menambah berat badan, terutama bagi lansia yang memiliki massa tubuh di bawah rata-rata. Langkah ini dipilih karena susu mengandung banyak nutrisi dan lebih mudah dikonsumsi. Maka, tidak salah jika Anda memilih ini sebagai cara menambah berat badan dengan susu pada lansia.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan jenis susu yang dipilih sebagai cara menambah berat badan dengan susu. Agar lebih efektif, Anda bisa memberikan susu yang memang membawa kadar nutrisi tinggi. Simak beberapa jenis nutrisi yang sebaiknya diperhatikan saat memilih susu penambah berat badan untuk orang tua.

1. Protein

Nutrisi satu ini menjadi salah satu makronutrien pembentuk komponen utama sel. Hampir semua bagian tubuh mulai dari otot, jaringan tulang, kulit, hemoglobin, hormon, enzim, hingga antibodi tubuh tersusun dari protein.

Pada orang tua, asupan tambahan protein dibutuhkan terutama jenis protein whey yang berfungsi untuk menjaga ketahanan otot. Hal ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan fungsi otot.

Berdasarkan jurnal Evidence-Based Recommendations for Optimal Dietary Protein Intake in Older People: A Position Paper from The PROT-AGE Study Group (2013), terbukti bahwa orang dewasa yang lebih tua membutuhkan protein lebih banyak dibandingkan orang dewasa muda untuk mendukung kesehatan yang baik, meningkatkan pemulihan dari penyakit, dan mempertahankan fungsionalitas.

2. Lemak baik

Cara menambah berat badan dengan susu akan lebih efektif jika susu mengandung asupan satu ini. Lemak baik atau lemak tak jenuh terbagi dua, yaitu lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Sedangkan untuk lemak trans sebaiknya tidak dikonsumsi dan lemak jenuh sebaiknya dibatasi asupannya. Memilih jenis lemak yang tepat dapat membantu memelihara kesehatan jantung orang tua Anda.

3. Serat

Susu yang mengandung asupan serat pangan dapat membantu sistem pencernaan, selain mendukung penambahan berat badan. Menurut H Shimokata dkk.(1993) dalam jurnal jurnal Aging, Basal Metabolic Rate, and Nutrition, penurunan massa otot karena pertambahan usia menyebabkan penurunan metabolisme energi dan tingkat metabolisme basal seseorang.

Seiring dengan itu, sistem pencernaan pada lansia melambat dan produksi air liur serta asam lambung juga menurun. Maka, konsumsi serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Serat juga berperan ampuh menurunkan berbagai risiko penyakit.

Serat dapat meningkatkan pertahanan dinding usus dari berbagai penyakit, termasuk kanker. Serat pun berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga menghindarkan dari penyakit jantung. Untuk itu, pastikan porsi makan orangtua Anda selalu memiliki serat di dalamnya.

4. Kalsium dan vitamin D

Vitamin D dan kalsium adalah gizi yang sangat penting untuk memelihara kesehatan tulang. Ini menjadi poin positif ketika Anda memilih cara menambah berat badan dengan susu. Orang tua tentunya memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah tulang seperti osteoporosis. Memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium dapat menurunkan risiko orang tua terkena penyakit tersebut.

Salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbaik adalah berasal dari susu yang diperkaya dengan vitamin D dan kalsium. Anda juga dapat menambahkan asupan vitamin D dari ikan salmon, telur, dan makanan lain yang diperkaya (fortified food) vitamin ini, sedangkan untuk sumber kalsium lainnya dapat berasal dari sayuran berdaun hijau, ikan sarden, dan makanan yang diperkaya.

Namun perlu diingat, agar vitamin D dapat diaktifkan fungsinya di dalam tubuh, perlu ada sentuhan sinar matahari kepada kulit. Kulit lansia yang keriput cenderung membuat penyerapan sinar matahari tidak optimal. Maka, lansia setidaknya didampingi untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar 15-30 menit setiap hari.

6. Vitamin B12

Umumnya pencernaan orang tua akan lebih sulit dalam menyerap cukup vitamin B12. Maka dari itu, kebutuhan vitamin ini sebaiknya ditingkatkan untuk lansia. Jika makanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, mengkonsumsi susu memang lebih baik. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui apakah orang tua Anda membutuhkan asupan vitamin B12 tambahan.

Berbagai nutrisi penting di atas dapat Anda temukan pada Boost Optimum. Anda dapat memberikan Boost Optimum pada orang tua sebagai cara menambah berat badan dengan susu. Segelas Boost Optimum membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap aktif sepanjang usia. Kandungan lengkap susu ini di antaranya protein Whey, sumber serat pangan, tinggi Vitamin E, B6, dan B12. Selain itu lansia juga mendapatkan manfaat Vitamin D, lemak nabati, probiotik, dan prebiotik.