Manfaat Susu Whey Protein untuk Anak

Manfaat Susu Whey Protein untuk Anak

Department of Human Nutrition, University of Copenhagen, Denmark, menyatakan bahwa protein whey memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis protein lainnya. Jenis protein ini unggul karena mudah dan cepat diserap tubuh.

Whey protein sendiri adalah salah satu jenis protein utama yang berkualitas tinggi dalam produk susu dan turunannya.1 Sebagai jenis protein berkualitas tinggi, manfaat susu whey protein sangat banyak.

Khususnya bagi anak-anak, mengkonsumsi protein whey sangat disarankan karena mengandung segudang manfaat. Apa saja? Ibu dan Ayah bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Whey Protein?

Kegunaan protein bagi tubuh adalah berperan penting dalam pembentukan sel-sel tubuh, sehingga anak dapat bertambah tinggi dan berat. Nah, salah satu sumber protein bisa kita dapatkan dari susu.2

Umumnya, susu terbuat dari dua jenis protein, yakni kasein dan whey.3 Whey protein adalah campuran protein yang diisolasi dari whey, bagian cair dari susu yang diperoleh saat produksi keju.4

Saat keju diproduksi, bagian lemak dari susu menggumpal dan whey dipisahkan darinya sebagai produk sampingan. Nah, kita bisa menemukan whey di bagian susu yang encer. Karena itulah sering kali bagian ini juga disebut susu whey protein. Setelah dipisahkan, whey diproses lebih lanjut untuk dijadikan sebagai protein whey.5

Whey adalah cairan padat nutrisi, hampir tembus cahaya yang terdiri dari sembilan asam amino esensial (bahan pembangun protein) serta vitamin dan mineral. Whey cair disaring dan dikeringkan untuk membuat bubuk protein whey.

Ada tiga jenis whey protein, yakni konsentrat whey protein, isolat protein whey dan whey terhidrolisa. Setiap jenis whey protein ini memiliki kandungan protein, laktosa dan lemak yang bervariasi dan memberikan manfaat kesehatan yang berbeda.

Konsentrat whey protein mengandung sekitar 70-80% protein, dengan kadar lemak dan laktosa sedang. Isolat protein whey memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, sekitar 90%, dengan tingkat laktosa dan lemak yang lebih rendah (tetapi juga tingkat nutrisi yang jauh lebih rendah). Sedangkan whey terhidrolisis diserap lebih cepat daripada jenis lainnya namun bisa menyebabkan peningkatan tajam kadar insulin.6

Mengapa Whey Protein Baik Dikonsumsi?

Bubuk protein whey sering digunakan sebagai suplemen nutrisi, dan dapat ditambahkan ke smoothie, shake, protein bar, pengganti makanan, susu, dan sejenisnya.7

Whey protein adalah jenis protein yang lengkap, mengandung sembilan asam amino esensial. Asam amino penting untuk banyak fungsi dalam tubuh, mulai dari membangun otot hingga menciptakan sel kekebalan baru.

Tubuh memang bisa membuat banyak asam amino sendiri, tetapi bukan asam amino esensial. Jadi, kita harus mendapatkan asam amino esensial melalui makanan, dan mengonsumsi protein whey adalah salah satu cara untuk melakukannya.

Manfaat tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi susu dengan kandungan whey protein. Manfaat susu whey protein juga penting untuk pertumbuhan anak.

Cara penyajian susu whey protein untuk anak umumnya tidak berbeda dengan penyajian susu pertumbuhan pada umumnya. Meski begitu, Anda perlu melihat kembali petunjuk pada kemasan untuk memastikan cara penyajian yang tepat.

Manfaat Susu Whey Protein

Protein whey adalah sumber protein rendah kalori yang sangat baik, yang merupakan makronutrien penting.8> Selain itu, whey protein juga memberikan beberapa manfaat kesehatan seperti berikut:

1. MEMBANTU MENINGKATKAN SISTEM IMUN

Protein dibutuhkan si kecil untuk menunjang tumbuh kembangnya. Agar anak tidak mudah sakit dan mengganggu pertumbuhannya, daya tahan tubuh perlu selalu dalam kondisi prima.

Penelitian dari U.S. Dairy Export Council berjudul Whey Protein and Immunity menyatakan bahwa protein whey mengandung empat kali lebih banyak asam amino. Itulah mengapa zat ini ampuh mendukung sistem imun menjadi lebih kuat.

2. MENDORONG PERTUMBUHAN FISIK ANAK

Protein whey terkenal membantu meningkatkan massa otot, termasuk pada anak. Dengan pertumbuhan otot yang maksimal, perkembangan tubuh si kecil akan lebih sehat dan seimbang.

3. MEMULIHKAN MALNUTRISI PADA ANAK

Protein whey terbukti efektif untuk mengembalikan berat badan anak-anak dan memenuhi nutrisi pada anak yang kurang gizi. Studi terbitan The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, anak yang diberikan protein whey mengalami pemulihan dan peningkatan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan anak yang diberikan protein soya.

Lalu, di mana anak bisa mendapatkan asupan penuh protein whey? Mungkin Ibu bingung karena banyak merk mengklaim sebagai susu whey protein terbaik. Tapi, sebenarnya mudah kok, Bu mencari sumber whey protein untuk si Kecil. Protein Whey dengan mudah bisa Anda temukan pada susu, seperti Nutren Junior.

Dengan kandungan 50% protein whey, Nutren Junior kaya sistein serta antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Anak juga akan mendapatkan berbagai nutrisi lainnya, mulai dari omega 3 dan 6, lemak nabati, probiotik serta prebiotik.

Kelengkapan manfaatnya membuat Nutren Junior bisa dikonsumsi sebagai pelengkap nutrisi harian anak. Jika gizi si kecil seimbang, otomatis daya tahan tubuh serta perkembangan fisik dan motoriknya tentu akan semakin baik. Ibu pun lebih tenang dampingi masa pertumbuhan anak.

Melihat manfaat susu whey protein untuk anak yang sangat besar, yuk penuhi kebutuhan nutrisi si kecil dengan Nutrien Junior.

Referensi:

  1. ​​​What is Whey Protein? Is Whey Dairy? - U.S. Dairy. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.usdairy.com/news-articles/what-is-whey-whey-protein-101
  2. ​Benefits of Protein- Web MD. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.webmd.com/diet/benefits-protein
  3. ​What are the benefits and risks of whey protein? - Medical News Today. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.medicalnewstoday.com/articles/263371
  4. ​Whey Protein - Uses, Side Effects, and More - Web MD. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-833/whey-protein
  5. ​Whey Protein 101: The Ultimate Beginner's Guide - Healthline. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/whey-protein-101#what-is-it
  6. ​Is whey protein good for you? Push Doctor. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.pushdoctor.co.uk/nutrition-advice/is-whey-protein-good-for-you
  7. ​What Is Whey Protein? Here's What You Need to Know - Eating Well. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.eatingwell.com/article/7940039/what-is-whey-protein-according-to-a-dietitian/
  8. ​Health Benefits of Whey Protein - Web MD. Retrieved on January 08, 2022 from https://www.webmd.com/diet/health-benefits-whey-protein​