Manfaat Melakukan Pemeriksaan Gula Darah Secara Rutin

periksa-diabetes

 

Kapan terakhir kali Anda melakukan pengecekan gula darah? Satu, dua bulan lalu atau lebih lama lagi? Memonitor kadar gula darah dalam tubuh secara berkala adalah salah satu langkah penting untuk mencegah risiko diabetes. Di saat yang sama, tinggi rendahnya nilai gula darah dalam tubuh merupakan salah satu parameter kesehatan kita.

Rutin melakukan pemeriksaan gula darah atau glukosa mempunyai berbagai manfaat, di antaranya:

  • Mengidentifikasi tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh
  • Mempelajari pola makan dan olahraga yang sesuai untuk menjaga kadar gula Anda
  • Memahami pengaruh faktor lain seperti penyakit atau stres pada kadar gula darah

Tingginya gula darah atau kadar glukosa dalam tubuh tidak hanya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Berbagai penyakit degeneratif, seperti jantung, kolesterol atau penumpukan lemak, pun dapat muncul karena gula darah yang tidak terkontrol.

Tes gula darah secara berkala bukan hanya disarankan bagi lansia, tetap baik untuk dilakukan semua usia. Ada tiga tingkatan yang sebaiknya Anda pahami. Anda masuk dalam kategori gula darah tinggi atau hiperglikemia saat berada di angka 200 miligram per desiliter (mg/dL). Sementara gula darah normal berada di angka apabila kurang dari 140 mg/dL. Di bawah itu, Anda masuk dalam fase hipoglikemia atau kadar gula rendah yaitu sekitar 70 mg/dL.

Cek gula darah dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan dokter. Pengecekan ini dapat dilakukan sebelum dan setelah makan, agar terlihat dampak perubahan kadar gula darah dalam tubuh.

Pemeriksaan gula darah mandiri bisa menggunakan alat cek gula darah atau glukometer. Sebelum melakukan pengecekan, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memastikan alat-alat dalam keadaan steril. Selalu catat angka gula darah Anda sebagai bagian dari riwayat kesehatan. Ini juga berguna untuk memantau kondisi tubuh secara berkala.

Dengan rutin memantau kadar gula darah, Anda dapat terus menjaga kesehatan. Tentunya, Anda pun dapat mengantisipasi risiko diabetes dan berbagai komplikasi yang berbahaya.

Referensi:

3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini