Masuk Usia 40-an, Ini 5 Sumber Protein yang Diperlukan

 

Mau tahu betapa pentingnya protein dan makanan yang menjadi sumber protein bagi tubuh? Zat gizi yang satu ini berperan dalam pembentukan otot, antibodi, hormon dan jaringan tubuh. Tak cuma itu, protein juga bertugas untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sungguh penting bukan perannya?

Pada dasarnya protein dibutuhkan semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Nah, mengingat pentingnya fungsi protein, makanan sumber protein tak boleh lupa dimasukkan dalam menu harian.

Lalu, apa sumber protein yang bisa dipilih oleh orang tua atau mereka yang sudah menginjak di atas 40 tahun?

  1. Ikan

Dari banyaknya jenis ikan, ikan tuna dan salmon merupakan ikan yang bisa kita coba sebagai makanan sumber protein. Ikan tuna punya lemak dan kalori yang rendah. Sebagian besar yang terkandung adalah protein. Kira-kira satu ons tuna mengandung 30 gram protein.

Lain tuna, lain pula salmon. Ikan yang hidup di Samudera Atlantik dan Pasifik ini memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Selain banyak mengandung protein, salmon juga dikenal kaya akan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

  1. Susu Beserta Produk Olahannya

Mau mencukupi asupan protein tubuh? Mudah kok caranya, konsumsi saja segelas susu tiap hari karena susu merupakan minuman yang kaya nutrisi, mulai dari protein hingga kalsium.

Konsumsilah susu seperti Boost Optimum yang mampu membantu tubuh terpenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Boost Optimum cocok juga dikonsumsi bagi Anda yang super sibuk sehingga cenderung melewatkan makan lho.

Selain susu, makanan sumber protein lainnya yaitu keju dan yoghurt. Kedua produk olahan susu ini kaya protein, kalsium, dan vitamin D. Keju dengan takaran 100 gram, setidaknya mengandung 25 gram protein.

  1. Daging Sapi tanpa Lemak

Makanan sumber protein lain yang bisa dicoba adalah daging sapi. Daging ini banyak mengandung protein dan zat gizi lain seperti zat besi seng, hingga vitamin B12. Selain daging sapi, ayam juga bisa dipilih sebagai makanan yang banyak mengandung protein.

Namun, cobalah hindari mengonsumsi bagian kulitnya. Alasannya, kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh. Awas, tingginya asupan lemak jenuh bisa memicu sederet masalah pada tubuh.

  1. Biji dan Kacang-Kacangan

Kedua makanan ini merupakan makanan sumber protein yang patut kita coba. Biji-bijian seperti chia seeds banyak mengandung protein dan tinggi serat. Sedangkan kacang-kacangan, seperti almond dan kacang tanah, kaya protein, magnesium, dan vitamin E.

  1. Telur dan Kedelai

Boleh dibilang, telur dan kedelai merupakan makanan sumber protein yang paling mudah didapatkan. Namun, jangan salah, kedua makanan ini banyak mengandung protein, lho. Satu butir telur ayam (90 gram), kira-kira mengandung 12,8 gram.

Sementara itu, kedelai merupakan sumber protein nabati yang tak kalah bagusnya. Sumber protein yang satu ini mampu membantu tubuh untuk menekan kadar kolesterol. Menariknya lagi, kedelai seperti tahu dan tempe juga baik untuk menjaga kesehatan jantung kita.

 

Dengan Protein, Tetap Kuat dan Fungsional

Faktanya, orang tua atau lansia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi protein lebih tinggi daripada dewasa muda. Akan lebih baik lagi bila mengonsumsi protein berkualitas tinggi, seperti whey protein. Nah, Boost Optimum merupakan produk yang tepat untuk mendapatkan asupan whey protein.

Boost Optimum mengandung 50 persen Protein Whey yang kaya akan Leucin untuk mempertahankan kekuatan otot. Tak cuma itu saja, Boost Optimum juga kaya vitamin E, B6, dan B12 untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Ingat, semakin usia bertambah, maka kondisi tubuh tak seperti dulu lagi. Jangan heran kalau kualitas tulang dan otot mulai berkurang. Nah, disinilah letak peran makanan sumber protein seperti di atas. Makanan di atas bisa memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga tubuh tetap kuat dan lebih fungsional.

Referensi:

Depkes: Pedoman Gizi Seimbang. 2014.

Web MD. 2016. Good Protein Sources.

Healthline. 2017. 20 Delicious High-Protein Foods to Eat.