Kapan Waktunya Anak Anda Membutuhkan Suplemen Nutrisi?

kapan anak butuh suplemen nutrisi  

Terlepas dari usaha terbaik orang tua, kadang seorang memang anak susah makan karena berbagai macam alasan. Dari sini, orang tua akan berpikir banyak cara, termasuk apa susu anak susah makan terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Ini berarti anak susah makan tersebut kemungkinan telah kehilangan beberapa nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang atau bahkan kehilangan berat badan. Orang tua dapat mendiskusikan asupan nutrisi anak mereka ke tenaga ahli seperti dokter anak atau dokter gizi untuk melihat faktor penyebab yang belum terungkap. Jika asupan nutrisi menurun dan ada tanda perlambatan pertumbuhan dan perkembangan termasuk kehilangan berat badan, mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen nutrisi yang mengandung protein dan kalori.

Hal ini akan menjadi tantangan baru bagi para orang tua yang berpikir bagaimana caranya agar anak mereka mau minum suplemen nutrisi. Pertanyaan yang muncul mungkin, “anak susah makan sulit dibujuk untuk mengkonsumsi makanan, bagaimana saya bisa membuatnya minum suplemen nutrisi? Mungkinkah ada susu untuk anak susah makan?”

Beberapa alasan medis yang berkaitan mungkin mengarah ke asupan makanan anak yang menurun termasuk tapi tidak terbatas pada : 

  • Gangguan makan yang didasari oleh rasa enggan karena tekstur, bentuk, penampilan atau bau makanan tertentu.
  • Kehilangan nafsu makan akibat pengobatan kanker yang menyebabkan luka di dalam mulut atau mual dan muntah, serta indra penciuman atau indra perasa yang berubah.
  • Kondisi kesehatan yang membutuhkan obat yang mempengaruhi nafsu makan.

Dibandingkan makanan, suplemen nutrisi mungkin pilihan yang tepat untuk kasus ini karena dapat memenuhi kebutuhan protein dan kalori dalam volume yang relatif sedikit juga mengandung vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi.

Suplemen Nutrisi vs Suplemen Vitamin Mineral

Orang tua mungkin berpikir dengan memberikan suplementasi vitamin dan mineral sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Tetapi suplemen nutrisi berbeda dengan suplemen vitamin dan mineral. Suplemen nutrisi tidak hanya mengandung micro nutrisi seperti vitamin dan mineral tapi juga memiliki macro nutrisi untuk memenuhi nutrisi yang seimbang dan lengkap bagi anak.

Jika anda mengkhawatirkan kebiasaan makan anak anda, pastikan untuk mengkonsultasikannya ke dokter anak untuk informasi lebih lanjut. Anda juga bisa bertanya, rekomendasi susu anak susah makan atau susu anak susah makan terbaik untuk si kecil di rumah.