JAGA KESEHATAN SALURAN CERNA, JAGA KEBAHAGIAAN ANAK

pencernaan_sehat_anak_bahagia

 

Pola makan yang sehat untuk anak-anak tidak hanya menjaga kecukupan nutrisi mereka, tetapi sebagai upaya menjaga kesehatan pencernaan. Tanpa disadari, sistem pencernaan memiliki pengaruh besar pada perkembangan otak serta perilaku buah hati Anda.

Teori The Gut-Brain Connection meneliti adanya koneksi antara otak dan sistem pencernaan manusia. Seperti dilansir oleh Healthline.com, usus memiliki 500 juta neuron yang terhubung ke otak melalui sistem saraf. Salah satu yang terbesar adalah sistem saraf vagus yang bertugas mengirimkan sinyal dua arah pada pencernaan serta otak.

Koneksi antara otak dan usus juga dijelaskan oleh Jay Pasricha , M.D, Dokter dan Direktur Johns Hopkins Center for Neurogastroenterology. Pasricha menyatakan, sistem saraf enterik merupakan otak kedua di dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan sistem pencernaan dapat mempengaruhi kebahagiaan.

Contohnya, iritasi pada sistem pencernaan yang sering terjadi di awal kehidupan meningkatkan risiko kerentanan terhadap gejala depresi dan gangguan kecemasan di kehidupan kelak. Komunikasi dua arah tersebut juga dapat Anda buktikan ketika anak-anak merasa cemas maka mereka cenderung akan mengalami perut mulas. Sebaliknya, si kecil akan mudah cemas ketika kesehatan pencernaannya sedang terganggu.

Selain itu, saluran pencernaan dan otak juga dihubungan melalui zat neurotransmitter yang sama-sama mempengaruhi emosi anak-anak. Otak memproduksi zat tersebut untuk mengatur perasaan dan emosi. Sementara itu, neurotransmitter yang diproduksi oleh usus dihuni oleh mikroba yang mengontrol perasaan takut dan cemas.

Mikrobiota dalam usus pun mempengaruhi kinerja otak. Jumlah mikrobiota yang tidak seimbang mempengaruhi nafsu makan si kecil. Tubuh anak memerlukan asupan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak esensial, agar fungsi otaknya bekerja serta berkembang dengan baik.

Maka, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak-anak. Orang tua bisa mengupayakan dengan selalu mencukupi porsi buah dan sayur harian. Serat dalam kedua makanan ini diperlukan sebagai sumber makanan bagi bakteri baik. Serat juga membantu kesehatan metabolisme sistem pencernaan.

Anak juga sebaiknya dipastikan kebutuhan asupan cairannya. Sistem pencernaan membutuhkan air untuk memecah dan melarutkan nutrisi serta kandungan mineral dalam makanan. Hidrasi yang baik mencegah konstipasi pada anak.

Konsumsi probiotik pun berperan penting untuk saluran pencernaan yang sehat. Probiotik bisa membantu pertumbuhan bakteri baik sekaligus menekan jumlah bakteri jahat dalam usus. Kebutuhan probiotik ini bisa dipenuhi dalam segelas Nutren Junior. Susu Nutren Junior mengandung Bifidobacterium longum dan Lactobacillus paracasei yaitu bakteri baik untuk mempertahankan keseimbangan mikrobiota usus.

Mari jaga kesehatan saluran cerna buah hati Anda untuk menjaga kebahagiaannya. Jika anak bahagia, mereka pun dapat bebas berekspresi untuk meraih cita-citanya.

Referensi:

Begini Pengaruh Kesehatan terhadap Kebahagiaan Anak