Tips Menjaga Gula Darah Puasa:
Tetap Aktif Sepanjang Hari

9 Makanan Serat Tinggi yang Baik Dikonsumsi

 

Salah satu perubahan yang terjadi pada tubuh saat berpuasa adalah perubahan pada kadar gula darah. Yang perlu diwaspadai pada penderita diabetes yang berpuasa adalah hipoglikemia (kondisi kadar gula darah yang turun hingga berada di bawah kisaran normal) maupun hiperglikemia (kondisi gula darah yang meningkat secara berlebihan). Kondisi hipo/hiperglikemia biasanya ditandai dengan lelah, pusing, berkeringat dan merasa kehausan. Oleh karena itu, mengendalikan gula darah puasa adalah hal yang penting bagi pengidap Diabetes ataupun Prediabetes ataupun Anda yang ingin tetap aktif.


Berikut tips pola konsumsi yang baik untuk diterapkan selama berpuasa:

1. Pilih sumber karbohidrat kompleks dengan rendah indeks glikemik
Indeks glikemik adalah skor (angka dari 1-100) yang menunjukan seberapa cepat sumber karbohidrat diubah menjadi glukosa. Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan yang dicerna oleh tubuh secara perlahan, sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis. Makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah, yakni IG kurang dari 55. Sumber karbohidrat dengan indeks glikemik rendah seperti beras merah, serealia utuh, dan kentang.

2. Konsumsi makanan tinggi serat
Serat bermanfaat untuk Kesehatan saluran cerna dan memperlambat pengosongan lambung, sehingga mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama.

3. Konsumsi makanan tinggi protein
Asupan protein dalam jumlah 20-30%* dari total asupan kalori harian dapat membantu meningkatkan kontrol glikemik, membantu rasa kenyang, dan menjaga massa tubuh tanpa lemak selama penurunan berat badan pada penderita diabetes dan prediabetes.
*pengecualian bagi individu dengan gangguan fungsi ginjal


KADAR GULA DARAH NORMAL

Anda sudah mengetahui pentingnya menjaga kadar gula darah agar dalam batas normal. Tapi, mungkin sebagian dari Anda mungkin belum tahu berapa gula darah normal.

Mari kita simak tabel kadar gula darah normal menurut WHO berikut ini.

Kadar Gula Darah Kondisi Berpuasa
Rendah Di bawah 70mg/dL
Normal 70-100 mg/dL
Tinggi 101-125 mg/dL
Diabetes Di atas 126 mg/dL

Saat akan melakukan tes kadar gula darah, Anda akan disarankan melakukan puasa atau tidak makan apapun pada malam sebelumnya.


DAMPAK KADAR GULA DARAH TINGGI

Kadar gula darah tinggi dalam waktu lama atau terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang umum dijumpai yaitu resistensi insulin. Resistensi insulin adalah berkurangnya sensitivitas tubuh dalam merespons insulin sehingga membuat penyerapan gula darah oleh sel menjadi terganggu. Kondisi ini jika terus berlanjut dapat berujung pada diabetes tipe 2. Komplikasi lain dari kadar gula darah tinggi terlalu lama adalah dampak permanen pada saraf di tangan dan kaki (neuropati perifer), gangguan penglihatan (retinopati diabetic), dan gangguan lain seperti ketoasidosis diabetik.


MEMILIH SUSU SESUAI KEBUTUHAN ANDA

Ketika melakukan cek darah dan mendapati hasil bahwa Anda mengalami fluktuasi gula darah puasa yang cukup tinggi. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara memenuhi asupan nutrisi harian agar tetap sehat.

1. Pilih Susu Tinggi Serat
Penderita diabetes perlu menjaga kadar gula darahnya. Untuk itu, Anda perlu memilih susu tinggi serat dengan karbohidrat kompleks yang rendah indeks glikemik.

2. Pilih Susu Protein Berkualitas
Selain itu, Anda yang ingin menjaga Kesehatan gula darah puasa sebaiknya mengonsumsi susu tinggi protein. Ini karena penelitian menemukan bahwa konsumsi protein dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit diabetes dan meningkatkan metabolisme tubuh. 11

3. Pilih Susu Kaya Kalsium dan Vitamin D
Susu kaya kalsium dan vitamin D dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.12


NUTREN® Diab adalah nutrisi lengkap, seimbang, tinggi serat mengandung campuran serat pangan unik dengan karbohidrat kompleks yang rendah indeks glikemik (IG: 28) untuk membantu mengontrol gula darah. Dapat diberikan secara oral ataupun sonde


Dapatkan special promo di Nestle Official Store
(periode: 10 Maret – 20 April 2024)