6 Nutrisi Wajib Untuk Lansia

 

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu menjadi impian orang tua untuk dapat menghidupkan mimpinya. Apalagi di usia yang sudah lanjut, kesehatan orang tua perlu dijaga karena rentan sekali terhadap segala bentuk penyakit dan penurunan kesehatan secara drastis.

Maka daripada itu, Anda perlu menjaga kesehatan orang tua dengan memastikan asupan gizi pada makanan terjaga dengan baik. Sehingga meskipun banyak mengalami penurunan fungsi tubuh dan kesehatan, dengan memastikan asupan makanan mengandung nutrisi berkualitas, lengkap dan seimbang maka kesehatan lansia pun dapat meningkat.

Inilah 6 nutrisi wajib untuk lansia yang perlu Anda ketahui;

1. Protein

Selain sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas harian, protein dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Karbohidrat

Merupakan sumber energi tubuh yang utama. Lansia memiliki risiko kekurangan energi karena penurunan fungsi tubuh dan aktifitas fisik sehingga asupan makan juga mengalami pengurangan.

3. Lemak

Lemak dibutuhkan tubuh tidak hanya sebagai sumber energi, namun untuk lemak juga dibutuhkan di antaranya untuk menunjang fungsi otak, membantu penyerapan vitamin dan menunjang produksi hormon.

4. Serat Salah

satu gangguan kesehatan yang sering dialami lansia adalah sembelit atau sulit buang air besar. Selain akibat pergerakan usus yang mulai menurun, terlalu sedikitnya konsumsi makanan sumber serat juga mengakibatkan terjadinya sembelit. Serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol serum dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

5. Vitamin dan mineral.

Kebutuhan vitamin dan mineral bagi lansia menjadi penting untuk membantu metabolisme zat-zat gizi yang lain. Sayuran dan buah hendaknya dikonsumsi secara teratur sebagai sumber vitamin, mineral dan serat.

6. Air

Air juga sangat penting untuk menjaga kesehatan lansia. Air memegang peran sangat penting dalam kelancaran peredaran darah dan fungsi reguler sel tubuh.

Dari keenam nutrisi tersebut, kini Anda sudah tahu bahwa dengan mendapatkan nutrisi yang tepat makan lansia dapat hidup lebih sehat, berkualitas dan mampu untuk menghidupkan mimpinya.