Cara Menaikkan Berat Badan untuk Anak 4 Tahun

oo

 

Cara menaikkan berat badan untuk anak 4 tahun bisa dimulai dengan memetakan kebutuhan nutrisinya. Ketika berat badan anak tidak bertambah seiring berjalannya waktu, ditakutkan akan terjadi gangguan perkembangan otak anak yang akan memengaruhi kecerdasannya dan kemampuan bersosialisasinya.

Anak di umur empat tahun sudah memasuki tahap pra-sekolah, otomatis aktivitas mereka pun bertambah. Kekurangan berat badan bisa jadi menghambat kegiatan mereka. Maka, penting sekali agar mereka memiliki berat badan yang sesuai dengan usianya. Sebagai catatan, berat badan ideal anak usia empat tahun, ada pada angka 16,1-18,2 kg untuk anak perempuan dan 16,3-18,3 kg untuk anak laki-laki.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa susu baik untuk membantu menaikkan berat badan dan mendukung pertumbuhan anak:

  • Kandungan protein yang tinggi

Susu adalah salah satu sumber protein terbaik dan ketika ingin meningkatkan berat badan, konsumsi protein sebaiknya memang ditingkatkan. Dikutip dari Healthline, protein merupakan salah satu nutrisi penting dalam menaikkan berat badan. Otot dibentuk dari protein dan tanpa protein, kalori yang masuk ke dalam tubuh biasanya hanya akan membentuk lemak tubuh.

  • Kalori tambahan yang baik

Ketika anak mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dikonsumsi biasanya, tentu berat tubuh akan naik. Namun tentunya, kita harus memastikan bahwa jenis kalori yang dikonsumsi merupakan kalori yang baik. Jika kalori yang masuk tidak dibarengi dengan nutrisi yang baik, maka justru akan memicu obesitas yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Lebih mudah dikonsumsi
Menyuruh anak minum susu bisa lebih mudah dibandingkan menambah porsi makan si kecil dengan banyak pilihan makanan. Pemberian susu juga biasanya di luar jam makan sehingga tidak mengganggu jam makan utama anak.

 

Susu untuk menambahkan berat badan anak tentunya tidak hanya memiliki manfaat untuk menambah berat badan saja, tapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk anak:

  • Kesehatan tulang dan gigi. Berkat kandungan kalsium yang tinggi dalam susu, konsumsi susu dapat membantu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak, lho.
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi. Beberapa jenis nutrisi mungkin tidak dapat terpenuhi hanya dengan makanan utama saja. Susu yang mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.
  • Menjaga sistem imun. Konsumsi susu secara teratur terbukti dapat menjaga sistem imun karena susu mengandung beberapa nutrisi yang berperan sebagai antioksidan seperti selenium, zinc, dan vitamin E.

Cara menaikkan berat badan untuk anak 4 tahun juga bisa dilakukan dengan asupan susu. Susu lebih mudah dikonsumsi dan punya kandungan nutrisi yang padat. Menurut studi, melibatkan susu pada pola makan akan memenuhi kebutuhan protein sebesar 25-30% sehingga memiliki dampak positif pada berat badan dan pertumbuhan anak. Konsumsi susu ini dapat diatur sebanyak 2,5 gelas per hari.

Ketika memberikan susu sebagai cara menaikkan berat badan untuk anak 4 tahun, orang tua sebaiknya juga memperhatikan kandungan nutrisinya. Berikan susu yang mengandung protein whey, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Selain itu, susu baiknya juga punya kemampuan menjaga sistem imun dengan kandungan nutrisi yang berperan sebagai antioksidan seperti selenium, zinc, dan vitamin E.

Pilih Nutren Junior sebagai salah cara menaikkan berat badan untuk anak 4 tahun. Setiap mengkonsumsi Nutren Junior, anak akan mendapat kebaikan 50% protein whey yang mampu menunjang pertumbuhan massa otot si kecil. Selain itu, Nutren Junior juga dapat memberikan nutrisi penting lainnya seperti, omega 3 dan 6, DHA, serat, serta 13 vitamin dan 9 mineral.

Cara menaikkan berat badan untuk anak 4 tahun bisa dilakukan apabila memang berat badan mereka sudah mencapai batas mengkhawatirkan. Selalu konsultasikan dengan dokter keluarga Anda untuk mengetahui cara paling tepat dan sehat menaikkan berat badan anak. Jangan sampai si Kecil kehilangan masa perkembangan emasnya dan menghalangi mereka mencapai potensi optimal. Menjaga tumbuh kembang anak berarti mendukung masa depannya menjadi lebih baik.