PENYEBAB LANSIA KEKURANGAN PROBIOTIK DAN SISI NEGATIFNYA

kurang_prebiotik

 

Probiotik adalah bakteri baik dalam mikroorganisme usus yang menunjang kesehatan tubuh manusia. Bagi lansia, asupan cukup probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan hingga mengurangi risiko timbulnya berbagai penyakit kronis. Sebaliknya, kekurangan probiotik juga menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Kekurangan probiotik pada orang tua biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak baik. Maka, penting untuk selalu memperhatikan dan menyajikan berbagai menu santapan yang mengandung probiotik. Lansia dapat memilih tahu, tempe, sari kedelai, atau yoghurt. Namun, pastikan setiap makanan ini tidak mempengaruhi kesehatan pencernaan orang tua Anda yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Asupan probiotik juga dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi segelas Boost Optimum setiap hari. Boost Optimum mengandung bakteri baik Bifidobacterium Longum dan Lactobacillus Paracasei yang menunjang kesehatan usus. Selain itu, Boost Optimum juga mengandung protein whey yang bersifat mudah dicerna tubuh, sehingga manfaat di dalamnya dapat cepat diserap tubuh.

Jika tidak dicukupi, kekurangan probiotik dapat memicu munculnya masalah kesehatan bagi lansia, terutama masalah pencernaan. Diare adalah salah satunya. Diare disebabkan oleh kurangnya bakteri baik yang berperan aktif meredakan sakit akibat bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Defisit bakteri baik dapat pula menimbulkan iritasi serta peradangan usus. Radang usus biasanya terjadi karena bakteri jahat “menguasai” usus dan jumlahnya lebih besar dari bakteri baik.Keadaan ini dapat mempengaruhi kinerja sel imun serta sel yang melapisi dinding usus. Jika sudah begini, sebaiknya lansia menghindari makanan yang memicu iritasi usus seperti, makanan pedas berlebih atau yang mengandung gas.

Lebih jauh lagi, pencernaan yang tidak sehat akan membuka risiko menderita kanker usus. Pasalnya, probiotik yang seimbang menjaga kelancaran proses metabolisme dan pencernaan. Tubuh diizinkan untuk menyerap sari-sari makanan secara maksimal. Otomatis, tubuh memiliki imunitas yang lebih kuat, sehingga dapat menghindari terjadinya inflamasi pada usus yang menjadi salah satu penyebab kanker usus.

 

Referensi:

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia