6 Nutrisi untuk Dukung Anak Tumbuh Tinggi Lebih Optimal

 
 
 

 

6 NUTRISI UNTUK DUKUNG ANAK TUMBUH TINGGI LEBIH OPTIMAL

nutrisi_anak_tinggi

 

Tinggi badan buah hati tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, tetapi juga pemberian nutrisi yang terbaik. Nutrisi adalah stimulus bagi organ tubuh untuk diserap dan diolah manfaatnya. Lantas, apa saja nutrisi penting untuk mendukung anak tumbuh tinggi lebih optimal? Berikut ini adalah 6 di antaranya.

1. Protein

Asupan protein membantu membentuk dan regenerasi jaringan tubuh anak. Studi yang dirilis pada tahun 2019 menyatakan protein meningkatkan kadar insulin-like growth factor I (IGF-I). IGF-I merupakan hormon yang berpotensi menstimulasi pertumbuhan tinggi si Kecil.

Khususnya untuk protein jenis whey yang bersifat mudah diserap dan dicerna dalam tubuh, sehingga sangat efektif menunjang pertumbuhan anak. Selain itu, protein whey mampu membantu perbaikan jaringan dalam tubuh serta meningkatkan imunitas anak. Tubuh si kecil pun terbantu menjadi lebih kuat serta membuat tumbuh kembangnya semakin lancar.

Makanan yang mengandung protein meliputi telur, tahu, daging, daging ayam, ikan, dan susu. Untuk pelengkap nutrisi harian buah hati, orang tua dapat menambahkan Nutren Junior yang kaya akan sistein serta antioksidan untuk membantu tumbuh kembang optimal anak.

2. Zat besi

Kekurangan zat besi berdampak pada melambatnya pertumbuhan si kecil. Pasalnya, zat besi dibutuhkan oleh seluruh jaringan tubuh anak untuk produksi darah dan pembentukan otot. Kekurangan zat ini juga memicu anemia. Jika anak terkena anemia, tubuhnya akan lebih cepat lelah dan lemas. Ini tentu akan mempengaruhi aktivitas anak. Supaya anak tidak kekurangan zat besi, Ibu dapat menyajikan sayuran berdaun hijau,memasukkan daging sapi serta makanan laut sebagai menu harian.

3. Vitamin B12

Berdasarkan studi Vitamin B12, Folic Acid, and Growth in 6- to 30-Month-Old Children: A Randomized Controlled Trial di India Utara pada 2015, vitamin B12 dapat membantu anak-anak yang mengalami gangguan pertumbuhan meningkat kondisinya. Setelah diberikan asupan vitamin B12 secara rutin, mereka menunjukkan perubahan besar, terutama untuk penambahan tinggi badan.

Vitamin B12 bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan hewani, seperti ikan, daging unggas, dan berbagai produk yang terbuat dari susu. Variasikan sumber makanan ini agar anak tetap lahap makannya dan cukup asupan B12.

4. Vitamin E

Sel dan jaringan tubuh si kecil dapat selalu terlindungi dari kerusakan dengan cukup vitamin E. Selain itu, sebuah kajian Vitamin E Inadequacy in Humans: Causes and Consequences di tahun 2014 menyatakan bahwa kekurangan vitamin E berkaitan dengan pertumbuhan yang terhambat.

Kajian tersebut menyatakan kadar nutrisi ini termasuk sedikit pada anak-anak yang mengalami stunting. Ayah dan ibu bisa memberikan anak sayuran bayam dan brokoli, atau buah mangga serta alpukat sebagai sumber vitamin E untuk si kecil.

5. Vitamin D

Vitamin D berperan besar membantu membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Kebaikan vitamin D untuk tinggi badan anak dibuktikan oleh riset Vitamin D Supplementation and Growth in Urban Mongol School Children: Results From Two Randomized Clinical Trials. Studi ini meneliti anak-anak yang diberikan suplemen vitamin D selama enam bulan. Anak yang menerima asupan tersebut mengalami pertumbuhan tinggi badan lebih optimal jika dibandingkan dengan kelompok anak yang tidak menerima suplemen tersebut.

Jaga keseimbangan vitamin D dalam tubuh buah hati Anda dengan menyajikan olahan makanan dari daging merah, kuning telur, dan ikan salmon. Agar lebih maksimal, sebaiknya keluarga membiasakan untuk meluangkan waktu beraktivitas di luar rumah pada pagi hari supaya terpapar sinar matahari, setidaknya 15 menit dan tiga kali seminggu.

6. Kalsium

Kalsium diolah oleh tubuh anak dan berkontribusi terhadap kesehatan tulang. Di sisi lain, kekurangan nutrisi ini akan menghambat tinggi badan. Asupan kalsium dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti keju atau sayuran berdaun hijau.

Bersamaan dengan pemberian asupan nutrisi seimbang, selalu pantau pertumbuhan si kecil, baik tinggi badan dan secara keseluruhan. Observasi penting dilakukan sebagai langkah pencegahan dini timbulnya berbagai risiko penyakit. Bagaimanapun kesehatan anak adalah penunjang mereka tumbuh dan berkembang maksimal.

 

Referensi:

Peran Penting Nutrisi dalam Pertumbuhan Tinggi Badan Anak