Usaha Capai Pertumbuhan Tinggi Badan Optimal Anak

 
 
 

 

USAHA CAPAI PERTUMBUHAN TINGGI BADAN OPTIMAL ANAK

pertumbuhan_optimal_anak

 

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya mencapai tinggi badan optimal sesuai tahapan perkembangan mereka. Mengikuti standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), pertumbuhan tinggi badan anak dibedakan sesuai jenis kelamin dan bergantung pada usia mereka. Ukuran rata-rata pertumbuhan tinggi anak laki-laki berusia 1-5 tahun ukuran tinggi badan adalah:

  • 13-18 bulan: 72,1 cm-90,4 cm
  • 19-24 bulan: 77,7 cm-97 cm
  • 2-3 tahun: 81,7 cm-107,2 cm
  • 3-4 tahun: 89,2 cm-115,9 cm
  • 4-5 tahun: 95,4 cm-123,9 cm

Sementara itu, ukuran tinggi badan anak perempuan pada usia yang sama adalah:

  • 13-18 bulan: 70 cm-89,4 cm
  • 19-24 bulan: 75,8 cm-96,1 cm
  • 2-3 tahun: 79,3 cm-106,5 cm
  • 3-4 tahun: 88 cm-115,7 cm
  • 4-5 tahun: 94,6 cm-123,7 cm

Lalu, bagaimana cara mencapai tinggi badan optimal ini? Pertama, ayah dan ibu bisa mengusahakan dari sisi pemberian asupan gizi seimbang untuk buah hati. Ada sejumlah nutrisi yang wajib dipenuhi setiap hari agar anak-anak tumbuh tinggi. Salah satunya adalah zat besi. Studi Anemia and Growth menyatakan kekurangan zat besi berdampak pada tumbuh kembang yang lebih lambat.

Zat besi dibutuhkan oleh seluruh jaringan dalam masa pertumbuhannya. Tanpa zat besi, produksi darah dan pembentukan otot akan terganggu. Orang tua dapat memberi asupan zat besi dari beragam sayuran berdaun hijau, daging sapi, tahu, dan makanan laut.

Selain zat besi, protein juga berpengaruh besar meningkatkan kadar hormon yang merangsang pertumbuhan tinggi si kecil. Protein juga mempengaruhi kemampuan jaringan tubuh untuk terbentuk dan regenerasi. Buah hati Anda bisa memilih santapan yang kaya protein, seperti telur, tahu, daging, daging ayam, dan ikan.

Sumber protein juga dapat ditemukan susu, seperti Nutren Junior. Asupan protein yang terkandung dalam Nutren Junior adalah protein whey. Susu protein whey efektif membantu pertumbuhan anak karena kandungannya mampu membanun massa otot anak. Protein whey juga bersifat mudah diserap tubuh sehingga dapat cepat dirasakan manfaatnya.

Baca Juga: 6 Nutrisi untu Dukung Anak Tumbuh Tinggi Optimal

Bersamaan dengan pemberian nutrisi terbaik, lingkungan juga sebaiknya mendukung pertumbuhan tinggi badan buah hati Anda. sebagai orang tua, Ayah dan Ibu dapat mengatur jadwal anak agar ia mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain memberi tubuh waktu istirahat yang dibutuhkan, pelepasan hormon pertumbuhan di saat tidur akan membantu pertumbuhan anak ideal.

Selain itu, anak sebaiknya sejak dini dibiasakan untuk memasukkan olahraga dalam kegiatan harian. Berolahraga membantu produksi hormon pertumbuhan sekaligus membuat tulang menjadi lebih kuat. Anak-anak bisa memilih aktivitas fisik kesukaan, seperti basket, renang, dan lari.

Baca Juga: Kebiasaan Baik Bantu Buah Hati Miliki Tulang Kuat

Orang tua dapat menerapkan perpaduan nutrisi seimbang serta pola hidup yang baik agar anak memperoleh tinggi badan maksimalnya. Di luar itu, keduanya juga dapat mendukung anak tetap sehat. Buah hati yang sehat tentu bisa lebih bebas berekspresi serta mencoba berbagai hal yang mereka sukai untuk meraih potensi terbaiknya.

 

Referensi:

Peran Penting Nutrisi dalam Pertumbuhan Tinggi Badan Anak