Vitamin untuk Orang Tua yang Tingkatkan Imun Tubuh & Cegah Penyakit 

Vitamin untuk orang tua yang tingkatkan imun tubuh & cegah penyakit

Asupan vitamin orang tua wajib dipenuhi untuk menjawab kebutuhan nutrisi harian lansia. Vitamin adalah salah satu nutrisi paling esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun dan mempertahankan fungsi organ tubuh dengan baik. Asupan vitamin ini bisa didapatkan dari menerapkan pola makan sehat, konsumsi vitamin tambahan, suplemen makanan, serta susu. 

Lansia yang memiliki asupan vitamin lengkap dapat terjaga sistem kekebalan tubuhnya. Di saat yang sama juga mencegah penyakit yang berkembang terkait penambahan usia seperti osteoporosis, radang sendi, masalah pendengaran dan penglihatan, gangguan kognitif, kanker, hingga kondisi malnutrisi. Ketahui apa saja rekomendasi vitamin untuk orang tua agar tetap sehat dan kuat berikut ini: 

Vitamin D
Dikutip dari Kathleen Zelman, RD, direktur nutrisi untuk WebMD, vitamin D juga dapat mencegah penyakit yang memicu masalah kognitif, kardiovaskular, serta diabetes tipe 2. Vitamin D pun ampuh dalam mendukung daya tahan tubuh karena dapat menjadi melindungi dari infeksi bakteri dan virus berbahaya. Selain itu, vitamin D juga merupakan agen anti-peradangan dan merangsang produksi senyawa antimikroba di dalam tubuh. 

Para ahli merekomendasikan untuk konsumsi 20-25 mikrogram vitamin D per hari bagi orang dewasa. Sumber vitamin D adalah susu dan produk olahan susu, telur, ikan berlemak, yoghurt, makanan yang diperkaya, atau suplemen vitamin D bila perlu. 

Vitamin C
Vitamin C adalah vitamin yang punya berbagai manfaat bagi kesehatan serta daya tahan tubuh. Vitamin jenis ini membantu proses pemulihan dari beragam penyakit. Sebagai penguat imunitas, vitamin C berperan besar sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat faktor radikal bebas.

Vitamin C juga berperan dalam memproduksi kolagen, yaitu protein yang amat dibutuhkan tubuh dalam penyembuhan luka hingga memperlambat proses penuaan. Konsumsi teratur vitamin C juga membantu sistem kekebalan tubuh terus bekerja melawan penyakit. Fungsi ini sangat ampuh bila kebutuhan vitamin C harian terus dipenuhi.

Rekomendasi asupan vitamin C sekitar 75-90 miligram setiap hari. Penuhi kebutuhan vitamin C dari sayur dan buah seperti jeruk, tomat, stroberi, brokoli, labu, dan lainnya. Lansia juga dapat konsumsi suplemen vitamin C tambahan untuk jaga sistem imun agar tidak mudah terpapar infeksi. 

Vitamin Tinggi Antioksidan
Beberapa vitamin juga berperan sebagai antioksidan, termasuk vitamin C, E, selenium, dan beta karoten. Pada lansia, memenuhi kebutuhan antioksidan dalam porsi yang tepat dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes, juga mengurangi masalah kulit. Antioksidan juga berperan meningkatkan imun tubuh. Antioksidan dapat mencegah tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit termasuk kanker. 

Penuhi kebutuhan nutrisi harian lansia dengan susu khusus yang mengandung vitamin dan mineral lengkap seperti susu Boost Optimum dari Nestle. Susu Boost Optimum memiliki kandungan protein whey yang tinggi. Menurut U.S. Dairy Export Council berjudul Whey Protein and Immunity, menyatakan bahwa protein whey mengandung empat kali lebih banyak asam amino. Zat ini sangat ampuh berperan dalam meningkatkan sistem imun menjadi lebih kuat.

Protein whey juga dapat membantu pembentukan glutamin yang merupakan bagian penting dari proses fungsi sistem imun. Protein whey berperan pula dalam meningkatkan massa otot dan membantu dalam masa pemulihan setelah sakit, sehingga tubuh dapat ditunjang kekuatannya. Sebagai nilai tambah, protein whey pun sangat mudah diserap tubuh, sehingga dapat mendukung kinerja daya tahan tubuh lebih cepat.

Selain protein whey, Boost Optimum mengandung vitamin D, B6, B12, E, lemak nabati sehat, dan probiotik untuk mendukung kesehatan para orang tua agar tetap aktif sepanjang usia. Susu ini sangat direkomendasikan untuk orang tua di atas usia 45 tahun yang membutuhkan suplementasi nutrisi. 

Mengandung semua nutrisi lengkap untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah infeksi, meningkatkan produktivitas, mempercepat pemulihan penyakit, dan tentu saja membuat tubuh segar bugar di usia matang.