RAGAM VITAMIN & MINERAL YANG BAIK UNTUK SISTEM IMUN LANSIA

vitamin-lansia

 

Defisiensi vitamin dan mineral pada lansia beresiko mengganggu kesehatan serta rawan terserang berbagai penyakit, seperti sakit yang disebabkan infeksi, cepat merasa kelelahan, dan mudah pilek atau demam. Oleh karena itu penting untuk memahami vitamin kekebalan tubuh agar tubuh terhindar masalah kesehatan pada lansia.

Nah, apa saja vitamin dan mineral yang perlu dipenuhi lansia? Mari simak ulasan berikut ini.

Vitamin B12, B6, dan asam folat

Sebagian lansia, atau mereka yang berusia di atas 50 tahun, mungkin mengalami hambatan dalam menyerap asupan nutrisi seperti vitamin B12, B6, dan asam folat (masih termasuk vitamin B). Padahal, vitamin kekebalan tubuh tersebut memiliki peran penting dalam membantu berbagai proses metabolisme tubuh yang berpengaruh pada kinerja sistem imun menjadi lebih baik.

Vitamin E

Studi yang dilansir British Journal of Nutrition menunjukkan, terdapat hubungan antara asupan vitamin E, imunitas, dan kualitas hidup orang tua. Lansia yang memiliki konsentrasi vitamin E lebih tinggi dalam tubuhnya, memiliki status kesehatan lebih baik. Vitamin kekebalan tubuh untuk lansia ini bekerja sebagai antioksidan yang meningkatkan respons tubuh ketika terjadi peradangan serta mempengaruhi daya tahannya.

Vitamin D

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Investigative Medicine menyatakan, vitamin D tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang saja, tetapi juga membantu menjaga fungsi daya tahan tubuh. Vitamin D dapat memodulasi respons imun bawaan atau non spesifik seperti neutrofil, eosinofil, basofil dan respons imun adaptif atau spesifik seperti sel T dan sel B.

Baca juga: Menu Penunjang Daya Tahan Tubuh Lansia, Apa Saja?

Zat besi (iron)

Sebuah jurnal yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2004 menyatakan, kekurangan zat besi dikaitkan dengan gangguan imunitas. Kondisi fisik lansia yang sudah menurun, akan terbantu dengan kecukupan asupan zat besi karena mineral ini berdampak pada kemampuan tubuh mereka melawan infeksi penyakit maupun infeksi.

Zinc

Sebuah studi yang dilansir di Immunity and Ageing menyatakan, zinc merupakan salah satu nutrisi esensial bagi sistem imun, terutama lansia. Mineral ini perlu diperhatikan asupannya karena cukup sering terjadi defisiensi atau kekurangan zinc pada seseorang akibat bertambahnya usia. Asupan zinc akan membantu lansia mengaktifkan sel T pada tubuh yang efektif mencegah infeksi serta meningkatkan imunitas tubuh. Sudah tau jenis vitamin kekebalan tubuh dan mineral yang dibutuhkan untuk lansia? Yuk jaga kesehatan Anda selalu.

Baca juga: Mineral Pendukung Daya Tahan Tubuh Lansia

Referensi:

HalloSehat, Ragam Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Sistem Imun Lansia