Pentingnya Hidrasi untuk Anak Pecinta Olahraga

anak-dehidrasi

 

Anak Anda aktif dan senang berolahraga? Mari selalu ingatkan mereka untuk selalu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pasalnya, tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat dan pernapasan ketika berolahraga.

Angka Kecukupan Gizi pada 2019 menyatakan bahwa anak berumur satu sampai 10 tahun membutuhkan 1.150 mililiter hingga 1.650 mililiter air. Sementara bagi anak aktif disarankan mengkonsumsi 1,5 liter air untuk mengembalikan hidrasi tubuh yang hilang selama beraktivitas.

Ikatan Dokter Anak Indonesia pada 2016 melansir adanya hubungan kebutuhan cairan pada tubuh anak. Menjaga anak tetap hidrasi berarti juga menjaga kebaikan metabolisme, pencernaan, dan kerja sel dalam tubuh. Cairan juga mengatur suhu tubuh, melarutkan berbagai reaksi biokimia, pelumas, serta pengaturan komposisi elektrolit pada tubuh anak.

Kekurangan cairan akan membuat anak dehidrasi dan menimbulkan berbagai resiko, seperti kurangnya produksi urin, urin berwarna pekat, mata cekung, hingga penurunan kesadaran. Kinerja tubuh anak juga dapat terhambat saat mereka dehidrasi.

Menjaga anak tetap terhidrasi bisa disiapkan sebelum mereka memulai aktivitas. Anak sebaiknya selalu memiliki akses untuk minum, seperti membawakan botol minuman ke mana pun mereka pergi. Jika perlu, buatkan jadwal teratur agar anak tidak lupa minum di tengah aktivitas padat mereka.

Air putih adalah sumber hidrasi terbaik untuk anak karena bebas dari zat-zat tambahan yang merusak tubuh. Hindari memberikan minuman soda serta kafein untuk anak. Soda memiliki kadar gula yang tinggi dan tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak, sedangkan kafein bisa membuat anak gelisah, sulit tidur, dan tidak fokus.

Selain air putih, orangtua dapat memberikan asupan susu tinggi nutrisi untuk anak. Nutren Junior bisa menjadi pilihan terbaik karena mengandung 50% protein whey yang bersifat mudah diserap tubuh serta mengandung sistein dan antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan anak. Dalam segelas Nutren Junior, anak juga bisa mendapatkan omega 3, 6, dan DHA pendukung perkembangan otak serta fungsi penglihatan mereka.

Nutren Junior juga memiliki probiotik untuk mempertahankan keseimbangan mikrobiota usus dan prebiotik yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Orangtua juga bisa memilih susu ini karena bebas laktosa serta mengandung lemak nabati untuk menjaga kesehatan jantung.

Penuhi asupan cairan anak setiap hari dan konsumsi Nutren Junior sebagai pelengkap nutrisi harian mereka. Ketika si kecil terpenuhi cairan dan gizinya, mereka pun dapat selalu lancar beraktivitas serta mengembangkan potensi terbaik mereka.

Sumber:

HelloSehat, Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga