PENGARUH KESEHATAN TERHADAP KEBAHAGIAAN ANAK

anak_sehat_bahagia

 

Hidup sehat merupakan kunci hidup bahagia. Tanpa kesehatan, kita tidak dapat melakukan berbagai aktivitas harian. Bagi anak-anak, kondisi tidak sehat akan membatasi anak mempelajari banyak hal dan meraih potensi optimalnya. Maka, penting bagi orang tua untuk memahami pengaruh antara kesehatan terhadap kebahagian anak.

Studi berjudul The Gut-Brain Axis: Interactions Between Enteric Microbiota, Central and Enteric Nervous Systems menyatakan ada komunikasi antara otak dengan usus. Hubungan antara kedua sistem tersebut diperantarai oleh mikrobiota usus. Keseimbangan mikrobiota usus memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan diri anak-anak.

Contoh lainnya disebutkan dalam penelitian Transient Gastric Irritation in the Neonatal Rats Leads to Changes in Hypothalamic Crf Expression, Depression- and Anxiety-Like Behavior as Adults. Studi ini menemukan bahwa iritasi pada sistem pencernaan yang sering terjadi di awal kehidupan meningkatkan risiko kerentanan terhadap gejala depresi dan gangguan kecemasan di kehidupan kelak.

Baca juga: Jaga Kesehatan Saluran Cerna, Jaga Kebahagiaan Anak

Masalah nutrisi juga mampu memicu masalah kesehatan dan kebahagiaan anak. Kajian Relationship Between Diet and Mental Health in Children and Adolescents: A Systematic Review menemukan sebuah tren konsisten. Anak dengan pola makan sehat dan bervariasi cenderung lebih bahagia. Di sisi lain, kualitas asupan nutrisi yang buruk erat dengan gejala attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) dan risiko terhadap kesehatan mental yang buruk.

Cara menjaga kesehatan dapat dimulai dari dapur rumah, yakni dengan memberikan asupan nutrisi terbaik untuk anak. Usahakan dalam satu kali porsi makan anak, orang tua memasukkan setidaknya sumber protein, karbohidrat, dan serat. Sajikan santapan bervariasi sebagai upaya memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak serta membuat mereka makan lebih lahap.

Baca juga: Variasi Makanan Bantu Anak Lahap Makan & Penuhi Nutrisinya

Selain konsumsi makanan bernutrisi, orang tua juga dapat memberikan Nutren Junior sebagai pelengkap gizi harian anak. Nutren Junior mengandung 50% protein whey yang kaya akan sistein dan antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dari berbagai macam penyakit. Sifat protein whey yang mudah diserap tubuh, membuat kelengkapan nutrisi dalam segelas Nutren Junior cepat diproses oleh tubuh si kecil.

Selalu berikan yang terbaik untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Anak yang sehat adalah anak yang bahagia. Dengan kebahagiaan, mereka memiliki semangat beraktivitas dan mempelajari berbagai hal untuk meraih potensi optimalnya.

Referensi:

Begini Pengaruh Kesehatan terhadap Kebahagiaan Anak