Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun Ke Atas

Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun Ke Atas

 

Memasuki usia 5 tahun, banyak hal yang telah dipelajari oleh anak. Ia pun masih akan lebih banyak menyerap pengetahuan serta melakukan aktivitas yang lebih beragam.

Karenanya, kebutuhan nutrisi anak juga akan semakin bertambah. Bila perlu, orang tua bisa memberikan susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas sebagai pelengkap nutrisi harian si Kecil.

Pada usia 5 tahun ke atas, anak-anak umumnya sudah mulai memasuki masa prasekolah. Dunia mereka pun otomatis berkembang dengan lebih cepat. Anak juga akan mulai bersosialisasi dalam lingkungan yang lebih luas dari sebelumnya.

Susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas harus mendukung pertumbuhan fisik si Kecil karena memang mereka sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat. Maka, asupan susu sebaiknya bisa menunjang perkembangan tinggi dan berat badan anak.

Guna mendukung aktivitas anak yang sedang bersiap mempelajari dan memahami banyak hal baru, mulai dari pelajaran hingga aktivitas fisik lainnya, orang tua juga perlu memperbarui asupan nutrisi untuk si Kecil. Salah satunya dengan memilih susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas yang tepat.

Cara Memilih Susu Pertumbuhan Anak 5 Tahun

Pemilihan susu pertumbuhan untuk dapat perlu melihat dan menilai tiga aspek utama dalam kehidupan anak, yaitu pertumbuhan fisik, daya tahan tubuh, serta membantu perkembangan otak.

Susu untuk pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas harus mendukung pertumbuhan fisik si Kecil karena memang sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat. Maka, asupan susu sebaiknya turut dapat menunjang perkembangan tinggi dan berat badan anak.

Kandungan Susu Pertumbuhan Anak 5 Tahun

Dalam memilih susu yang bagus untuk anak perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, yang meliputi vitamin dan juga mineral penting untuk pertumbuhan si Kecil. Berikut ini kandungan nutrisi susu yang dapat dukung pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas:

1. Kalsium

Kalsium penting untuk pertumbuhan anak, karenanya besaran kandungan kalsium dalam susu anak usia 5 tahun ke atas harus diperhatikan. Mineral satu ini dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Kecukupan asupannya juga membantu pembentukan kinerja otot dan saraf yang sehat. Selain itu juga menjaga kesehatan gigi serta jantung.

Selain dari susu, kalsium juga bisa didapatkan dari produk olahan susu, seperti yogurt atau keju. Meski tidak sebanyak dalam susu, kalsium juga bisa didapatkan dari sayuran hijau, seperti brokoli dan kubis. Ikan sarden juga mengandung kalsium, begitu juga kacang almond.1

2. Vitamin D

Selain asupan kalsium, nutrisi penting lainnya adalah vitamin D. Vitamin satu ini berfungsi memudahkan penyerapan kalsium dari menu makanan si Kecil.

Duet nutrisi antara vitamin D dengan kalsium dapat membangun pertumbuhan tulang yang kuat bagi buah hati Anda. Pemenuhan vitamin D dapat pula membantu penyembuhan tulang anak-anak ketika mereka mengalami cedera atau operasi.

Ketika sinar matahari yang mengandung ultraviolet B (UV B) mengenai kulit maka tubuh akan menghasilkan vitamin D.

Selain diproduksi tubuh dengan bantuan sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh tubuh melalui asupan makanan, seperti ikan salmon, tuna, sarden, kuning telur, dan hati sapi. Namun jumlah kandungan vitamin D dari makanan tidak sebanyak yang bisa dihasilkan dari sinar matahari.2

3. Protein Whey

Untuk mendukung pertumbuhan fisik, susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas juga harus mengandung protein. Terlebih, protein whey yang lebih mudah serta cepat diserap tubuh.

Asupan protein mampu membangun, memelihara, dan menggantikan jaringan-jaringan dalam tubuh, seperti perbaikan dan pemulihan jaringan di otot, kulit, organ, darah, rambut, dan kuku.

Protein whey adalah salah satu protein utama yang dapat ditemukan dalam produk susu, biasanya diperoleh dari proses pembuatan keju. Protein whey mengandung sejumlah besar asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat protein whey dalam susu pertumbuhan anak di antaranya mengatasi malnutrisi, menambah berat badan, membantu penyembuhan luka, serta mengurangi risiko alergi.3

Susu protein whey juga mampu mendorong pertumbuhan anak lewat peningkatan massa otot. Pertumbuhan otot yang baik akan membuat anak lebih sehat dan meraih berat badan seimbang.

Untuk menjaga imunitas tubuh, susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas juga perlu memiliki kandungan protein whey, asupan ini dapat membantu meningkatkan antioksidan serta mengurangi peradangan.

Protein whey mengandung asam amino esensial yang memproduksi antioksidan glutathione untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh. Zat antioksidan merupakan zat yang bertindak melawan oksidasi dalam tubuh sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk jenis penyakit kronis.

Dalam whey protein, terkandung juga sejumlah protein aktif yang disebut imunoglobulin. Fungsinya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba pada imunoglobulin terbukti dapat menghambat pertumbuhan mikroba seperti bakteri dan virus. Dengan begini, tentunya tubuh pun jadi tidak mudah terserang penyakit.

4. DHA

Susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas sebaiknya turut pula membantu perkembangan otak si Kecil. Nutrisi punya andil besar dalam pembentukan, penambahan, serta pematangan sel otak anak. Selain itu, nutrisi juga dibutuhkan untuk menunjang pembentukan jaringan sirkuit atau saraf antar sel otak semakin luas.

Pastikan susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas yang Anda pilih punya kandungan DHA atau Docosahexaenoic Acid. Zat ini adalah asam lemak esensial yang sangat penting dalam proses pembentukan sistem jaringan saraf dan perkembangan otak.

DHA banyak berperan dalam perkembangan otak anak, terutama pada bagian materi abu-abu di otak yang mempengaruhi kecerdasan. Asupan ini pun berfungsi membentuk kepekaan neuron, yang membantu menyampaikan informasi pada otak dengan cepat dan akurat.

Anak usia lima tahun ke atas mulai belajar dan menyerap informasi lebih banyak. Mereka juga mulai berkompetisi di sekolah serta dalam pergaulan bersama teman-teman sebaya. Berbagai kegiatan ini tentu baik bila didukung asupan nutrisi yang tepat bagi pertumbuhan otak.

5. Omega 3 & 6

Selain DHA, omega 3 dan omega 6 juga wajib masuk dalam susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas. Kedua nutrisi ini hanya bisa didapatkan dari asupan makanan karena merupakan jenis asam lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Omega 3 banyak terdapat dalam ikan laut, seperti tuna dan salmon. Jenis omega 3 dari ikan laut adalah DHA dan EPA, sedangkan omega 3 yang diperoleh bahan nabati, seperti biji-bijian, kedelai, dan kacang-kacangan adalah ALA.4

Sedangkan omega 6 bisa diperoleh dari tofu, biji bunga matahari, selai kacang, minyak avocado, telur, juga kacang almond dan walnut.5

Manfaat dari omega 3 dan omega 6 yaitu sebagai pendukung perkembangan sel-sel dan saraf otak anak. Journal of Nutrition and Food Sciences oleh Kirby dan Derbyshire juga menyebutkan bahwa omega 3 dan 6 mendukung kemampuan si Kecil dalam membaca, serta berperan penting membantu anak berkonsentrasi dan mendukung daya ingatnya.

Memilih susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas juga harus memperhatikan manfaatnya dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Kesehatan menjadi modal anak agar bebas mencoba berbagai keinginan, hobi, serta mengembangkan potensi optimalnya.

Selain beberapa kandungan nutrisi penting di atas, perlu dicatat beberapa vitamin berikut ini yang berperan menjaga daya tahan tubuh anak:

  • Vitamin A untuk mendongkrak daya tahan tubuh si Kecil.
  • Vitamin B kompleks sebagai vitamin yang mempengaruhi produksi antibodi penting saat anak mengalami infeksi.
  • Vitamin C yang bertugas meningkatkan imunitas, performa antibodi dan antibakteri.
  • Vitamin E sebagai antioksidan serta menjaga sel-sel kulit buah hati Anda.

Setelah mengetahui nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak, Anda tentu sudah dapat memilih susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas yang baik untuk si Kecil.

Anda bisa memberikan susu Nutren Junior dari Nestle yang mengandung kalsium dan vitamin D. Nutren Junior juga memiliki kandungan 50 persen protein whey, dilengkapi Omega 3 & 6, serta DHA. Selain itu, Nutren Junior juga diperkaya kandungan 13 vitamin, 9 mineral, serta serat pangan.

Berikan Nutren Junior sebagai susu pertumbuhan anak, agar si Kecil Tangguh mendapatkan nutrisi lengkap yang mendukung tumbuh kembang terbaiknya!

Referensi:

  1. Healthy Kids - Calcium. Dari: https://healthy-kids.com.au/food-nutrition/nutrients-in-food/calcium/. Diakses pada 2 Desember 2022
  2. Healthline - Vitamin D from Sun. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-from-sun#overview. Diakses pada 2 Desember 2022
  3. Mayo Clinic - Whey protein. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-from-sun#overview. Diakses pada 2 Desember 2022
  4. Eat Right - Do Kids Need Omega 3 Fats. Dari: https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/types-of-vitamins-and-nutrients/do-kids-need-omega-3-fats. Diakses pada 2 Desember 2022
  5. Healthline - 10 Foods High in Omega-6, and What You Should Know. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/omega-6-foods. Diakses pada 2 Desember 2022