Memilih Susu Pertumbuhan Anak usia 5 Tahun ke Atas

lll

 

Memasuki usia lima tahun, banyak hal yang telah dipelajari si Kecil. Ia pun kedepannya akan lebih banyak menyerap pengetahuan serta melakukan aktivitas yang lebih beragam. Maka, susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas perlu diberikan orang tua sebagai pelengkap nutrisi harian mereka.

Pada usia lima tahun ke atas, anak-anak sudah mulai masuk sekolah. Dunia mereka otomatis berkembang dengan cepat. Mereka juga akan bersosialisasi dalam dunia yang lebih luas dari pada sebelumnya. Ada berbagai hal baru yang harus siap anak-anak pelajari dan pahami, mulai dari pelajaran di sekolah hingga aktivitas fisiknya.

Orang tua pun sebaiknya segera melakukan pengkinian terhadap nutrisi anak usia lima tahun. Salah satunya dengan memilih susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas dengan tepat. Pemilihan jenis susu ini dapat dinilai dari tiga aspek utama dalam kehidupan anak, di antaranya adalah pertumbuhan fisik, daya tahan tubuh, serta membantu perkembangan otak.

Susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas harus mendukung pertumbuhan fisik si Kecil karena memang mereka sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat. Maka, asupan susu sebaiknya bisa menunjang perkembangan tinggi dan berat badan anak.

Besaran kandungan kalsium dalam susu pun harus diperhatikan. Mineral satu ini dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Kecukupan asupannya juga membantu pembentukan kinerja otot dan saraf yang sehat. Selain itu juga menjaga kesehatan gigi serta jantung.

Asupan kalsium tersebut baik pula bila dilengkapi dengan vitamin D. Vitamin satu ini memudahkan penyerapan kalsium dari menu makanan si Kecil. Duet antara vitamin D serta kalsium membangun pertumbuhan tulang yang kuat bagi buah hati Anda. Pemenuhan vitamin D dapat pula membantu penyembuhan tulang anak-anak ketika mereka mengalami cedera atau operasi.

Untuk mendukung pertumbuhan fisik, susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas sudah sepatutnya mengandung protein. Terlebih, protein whey yang lebih mudah serta cepat diserap tubuh. Asupan protein mampu membangun, memelihara, dan menggantikan jaringan-jaringan dalam tubuh, seperti perbaikan dan pemulihan jaringan di otot, kulit, organ, darah, rambut, dan kuku.

Protein whey juga mampu mendorong pertumbuhan anak lewat peningkatan massa otot. Pertumbuhan otot yang baik akan membuat anak lebih sehat dan meraih berat badan seimbang.

Manfaat penting selanjutnya yang harus diperhatikan pada susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas adalah kemampuan menjaga daya tahan tubuh. Bagaimana pun, anak yang sehat adalah anak yang bahagia. Kesehatan menjadi modal mereka bebas mencoba berbagai keinginan, hobi, serta mengembangkan potensi optimalnya.

Orang tua dapat mencatat beberapa vitamin berikut ini yang mengambil peran menjaga daya tahan tubuh anak:

  • Vitamin A untuk mendongkrak daya tahan tubuh si Kecil.
  • Vitamin B kompleks sebagai vitamin yang mempengaruhi produksi antibodi penting saat anak mengalami infeksi.
  • Vitamin C yang bertugas meningkatkan imunitas, performa antibodi dan antibakteri.
  • Vitamin E sebagai antioksidan serta menjaga sel-sel kulit buah hati Anda.

Pada fungsi menjaga imunitas tubuh, bila susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas yang Anda pilih memiliki kandungan protein whey, asupan ini dapat membantu meningkatkan antioksidan serta mengurangi peradangan.

Protein whey mengandung asam amino esensial yang memproduksi antioksidan glutathione untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh. Zat antioksidan sendiri merupakan zat yang bertindak melawan oksidasi dalam tubuh sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk jenis penyakit kronis.

Dalam whey protein, terkandung juga sejumlah protein aktif yang disebut imunoglobulin. Fungsinya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba pada imunoglobulin terbukti dapat menghambat pertumbuhan mikroba seperti bakteri dan virus. Dengan begini, tentunya tubuh pun jadi tidak mudah terserang penyakit.

Terakhir, susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas sebaiknya turut pula membantu perkembangan otak si Kecil. Nutrisi punya andil besar dalam pembentukan, penambahan, serta pematangan sel otak anak. Nutrisi juga lah yang menunjang pembentukan jaringan sirkuit atau syaraf antar sel otak semakin luas.

Sebagai catatan, anak usia lima tahun ke atas mulai belajar dan menyerap informasi lebih banyak. Mereka juga mulai berkompetensi di sekolah serta dalam pergaulan bersama teman-teman sebayanya di berbagai bidang. Berbagai kegiatan ini tentu baiknya didukung oleh asupan nutrisi yang mapan bagi pertumbuhan otak.

Pastikan susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas yang Anda pilih punya kandungan DHA atau Docosahexaenoic Acid. Zat ini adalah asam lemak esensial yang sangat penting dalam proses pembentukan sistem jaringan saraf dan perkembangan otak.

DHA banyak berperan dalam otak anak, terutama pada bagian materi abu-abu di otak yang mempengaruhi kecerdasan. Asupan ini pun berfungsi membentuk kepekaan neuron, yang membantu menyampaikan informasi pada otak dengan cepat dan akurat.

Selain DHA, omega 3 dan omega 6 juga wajib masuk dalam susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas. Keduanya hanya bisa didapat dari luar tubuh karena merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi tubuh.

Kegunaan dari omega 3 dan omega 6 yaitu sebagai pendukung perkembangan sel-sel dan saraf otak anak. Journal of Nutrition and Food Sciences oleh Kirby dan Derbyshire menyebutkan bahwa omega-3 dan 6 mendukung kemampuan si Kecil dalam membaca. Dua nutrisi itu mengambil peran penting membantu anak berkonsentrasi dan mendukung daya ingatnya.

Seluruh nutrisi yang dibutuhkan dalam susu pertumbuhan anak usia 5 tahun ke atas itu bisa Anda temukan pada Nutren Junior. Susu ini memiliki 50 persen protein whey, omega 3 dan omega 6, serta DHA. Nutren Junior juga dilengkapi 13 vitamin, 9 mineral, serta serat pangan.

Berikan Nutren Junior setiap hari agar si Kecil Tangguh mendapatkan nutrisi lengkap yang mendukung tumbuh kembang terbaiknya!