5 Hobi Ini Butuh Protein Tinggi

Agar Makin Aktif Bergerak

 

Memerhatikan pola makan sangatlah penting seiring bertambahnya usia. Anda harus mencari makanan sumber protein terbaik. Seperti susu untuk orang tua, asupan nutrisi penunjang kesehatan orang tua, dst. Kenapa? Karena bentuk dan fungsi tubuh mengalami perubahan.

Tentu saja, perubahan ini mungkin tidak bisa dihindari karena terjadi secara alamiah seiring bertambahnya usia seseorang. Pada lansia, jumlah lemak pada tubuh cenderung meningkat, sementara massa otot, jaringan dan kepadatan tulang akan menurun. Oleh karena itu, dibutuhkan susu untuk orang tua yang bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Protein adalah nutrisi yang wajib dicukupi untuk mencegah penurunan berbagai fungsi tubuh. Pemenuhan protein bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu untuk orang tua, yaitu Nestle Boost Optimum. Nestle Boost Optimum mengandung protein whey, sumber serat pangan, kandungan vitamin E, B6, serta B12 yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap aktif sepanjang usia.

Jadi, produktivitas tidak akan menurun meskipun usia semakin menua. Protein memang diperlukan oleh individu yang aktif, terutama jika memiliki hobi yang cenderung menguras tenaga, di antaranya adalah:

1. Memancing

Selain melepaskan stres, memancing termasuk olahraga yang cukup menguras tenaga. Ketika kail ditarik oleh ikan, otomatis kamu menarik kail tersebut dengan sekuat tenaga. Meski cukup melelahkan, jenis olahraga ini bagus untuk melatih keterampilan motorik, kekuatan tangan, dan ketangkasan tanpa terlalu membebani otot dan sendi yang menua.

Semakin bertambahnya usia, sendi rentan mengalami nyeri. Kalau kamu mengalami nyeri sendi, gunakan obat anti-inflamasi nonsteroid seperti aspirin, ibuprofen, naproxen sodium juga dapat digunakan untuk mengatasinya.

2. Golf

Saat bermain golf, mau tidak mau kamu harus berjalan cukup jauh menuju tempat berhentinya bola. Meski kedengarannya biasa saja, tetapi berjalan kaki juga membantu membangun kekuatan otot, meningkatkan fungsi jantung, dan meningkatkan daya tahan. Bukan hanya itu, mengayunkan tongkat golf itu juga meningkatkan kekuatan otot inti.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua usia. Olahraga ini juga terbilang ramah lingkungan karena tidak memerlukan bahan bakar yang bisa menghasilkan polusi. Bukan cuma ramah lingkungan, bersepeda memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh.  Saat bersepeda, sirkulasi darah otomatis menjadi lebih lancar, meningkatkan kapasitas paru-paru dan jantung, serta meregangkan otot-otot.

4. Berkebun

Faktanya, lansia yang hobi berkebun otomatis menjadi lebih aktif dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik, lho! Berkebun membantu meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas serta mendorong seseorang untuk menggunakan semua keterampilan motoriknya. Tidak hanya itu, berkebun ternyata juga meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot.

5. Traveling

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Sebagian besar orang yang punya hobi traveling memiliki kehidupan yang lebih bahagia. Ini karena traveling bisa meningkatkan suasana hati, menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan orang yang dicintai dan meningkatkan hubungan yang sehat. Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, traveling juga meningkatkan kesehatan fisik, seperti kesehatan jantung dan otak.

 

Hobi-hobi di atas hampir semuanya berhubungan dengan kekuatan otot dan kesehatan otak. Seperti halnya jaringan lain, otot bersifat dinamis dan terus-menerus dipecah dan dibangun kembali. Untuk mendapatkan otot, tubuh harus mensintesis lebih banyak protein otot daripada yang rusak.

Dengan kata lain, perlu ada keseimbangan protein dalam tubuh. Karena alasan tersebut, lansia perlu mencukupi asupan protein untuk mencegah penurunan massa otot dan menjaga kesehatan otak. Caranya dengan rutin mengonsumsi makanan sumber protein. Protein bisa diperoleh melalui makanan, seperti susu, daging, ikan dan lain-lain. Tidak hanya lewat makanan saja, lansia juga dapat mengonsumsi Nestle Boost Optimum untuk melengkapi asupan protein harian.