5 Langkah Ubah Pola Makan Anda Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman

pola-makan-diabetes

 

Beberapa hal perlu diperhatikan ketika akan mengatur pola makan sebagai langkah mencegah diabetes. Anda dapat melakukan beberapa tips berikut dan menerapkannya setiap kali makan:

Diabetes muncul ditandai dengan tingginya nilai kadar gula di dalam darah. Salah satu pemicunya adalah pola makan yang tidak terjaga. Apakah Anda sudah menjalani pola makan yang baik? Berikut ini 5 langkah mengubah pola makan agar terhindar dari risiko diabetes yang dapat Anda terapkan.

Pertama yaitu mengurangi asupan gula dan makanan cepat saji. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan hanya mengkonsumsi 50 gram gula per hari. Namun, ini tidak termasuk dengan gula alami yang berasal dari buah dan sayuran.

Alasannya, gula yang Anda konsumsi otomatis diolah tubuh sebagai zat glukosa dan tersimpan dalam tubuh. Zat glukosa yang tidak diubah menjadi energi akan menumpuk dalam tubuh. Inilah mengapa penting untuk membatasi konsumsi gula.

Selain itu, penting pula untuk Anda beralih pada produk dalam bentuk asli atau alami. Hindari makanan yang sudah diproses, perbanyaklah mengkonsumsi sumber serat. Anda lebih baik memakan buah atau sayuran asli, daripada yang sudah dikemas. Sumber makanan olahan sudah tidak memiliki kandungan gula alami dan cenderung punya kadar gula lebih tinggi.

Ketiga, kontrol sumber protein dan lemak Anda. Daging tanpa lemak adalah pilihan yang lebih baik. Sumber protein tanpa lemak lainnya adalah dada ayam, produk kedelai, dan telur putih. Sementara itu, Anda bisa memilih sumber lemak yang sehat dari ikan atau biji-bijian.

Keempat, kontrol porsi makan Anda. Metode yang disarankan adalah makan dengan penuh kesadaran, yaitu mulai ketika sudah lapar dan berhenti saat sudah kenyang. Jika Anda mengkonsumsi makanan dalam kemasan, perhatikan kalori dalam label kemasan untuk tetap menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Adapun nutrisi atau gizi yang perlu dipenuhi dalam upaya melindungi dari diabetes ataupun untuk mengontrol diabetes, di antaranya:

  • Serat untuk bantu tingkatkan respon glikemik
  • Karbohidrat kompleks yang mengontrol gula darah
  • Asam lemak tunggal tak jenuh bantu turunkan risiko penyakit jantung
  • Omega 3 dan 6 sebagai sumber lemak yang sehat
  • Berbagai jenis vitamin dan mineral untuk kesehatan dan kecukupan nutrisi

Kelengkapan nutrisi di atas bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi Nutren Diab. Susu pelengkap nutrisi harian ini mengandung 30 jenis vitamin dan mineral. Selain itu, Nutren Diab juga dibuat dari 50% protein whey yang bersifat mudah dicerna tubuh sehingga kandungan di dalamnya dapat diserap dengan cepat.

Langkah terakhir yang harus dilakukan saat mengubah pola makan adalah membiasakan minum banyak air putih. Selain mencegah dehidrasi, asupan air putih bisa melancarkan metabolisme tubuh. Anda bisa cek kecukupan air dalam tubuh dengan mengecek warna urin. Tubuh yang terhidrasi dengan baik memiliki warna urin yang bening dan tidak kuning pekat.

Langkah mengubah pola makan dapat dimulai satu per satu secara berkala. Anda tidak perlu menerapkan semua sekaligus asal tetap konsisten dan dilakukan secara jangka panjang. Anda sudah tertarik mencoba? Mari lakukan sedini mungkin untuk meminimalisir munculnya risiko diabetes pada tubuh. Selamat mengubah pola hidup ke yang lebih sehat.

Referensi:

3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini