3 Langkah Hidup Sehat Keluarga untuk Hindari Risiko Diabetes

keluarga-diabetes

 

Salah satu pencegahan dini diabetes adalah menerapkan gaya hidup sehat untuk Anda dan keluarga. Dikutip dari health.harvard.edu, berdasarkan penelitian selama 20 tahun terakhir, mengadopsi gaya hidup dan pola makan sehat dinyatakan efektif mencegah prediabetes hingga diabetes tipe 2.

Secara general, menjalani pola hidup sehat juga mempengaruhi kebahagian dan kualitas hidup. Bersama keluarga, Anda dapat saling kompak untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang. Kemudian, apa saja rutinitas sehat yang dapat dibangun bersama keluarga?

Kebiasaan sehat pertama yang dapat dibangun adalah aktif melakukan kegiatan dan latihan fisik. Terdapat berbagai manfaat kesehatan ketika Anda dan keluarga berolahraga atau aktif melakukan kegiatan fisik setiap harinya. Menurut Mayo Clinic, aktivitas fisik secara teratur efektif menjaga berat badan tetap ideal dan mengontrol dan menjaga kestabilan gula darah.

Selain teratur berolahraga, pola makan juga perlu dijaga. Untuk membantu mempermudah mengadopsi gaya hidup dan pola makan sehat, Anda bisa memulai dari menu pokok harian.

Beberapa hal perlu diperhatikan ketika akan mengatur pola makan sebagai langkah mencegah diabetes. Anda dapat melakukan beberapa tips berikut dan menerapkannya setiap kali makan:

  • Mengurangi asupan gula dan makanan cepat saji
  • Beralih ke produk olahan gandum utuh
  • Meningkatkan asupan serat

Baca Juga: 5 Langkah Ubah Pola Makan Anda Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman

Ketika kesulitan untuk memenuhinya, Anda dapat menambah asupan nutrisi, misalnya dari susu rendah kadar gula yang lengkap dan seimbang khusus untuk diabetesi. Anda dapat menemukannya pada Nutren Diab yang mengandung 30 jenis vitamin dan mineral. Selain itu, Nutren Diab juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat mengontrol gula darah.

Terakhir, pantau rutin kadar gula darah Anda. Gula darah dapat diperiksa secara mandiri maupun dengan bantuan dokter. Memeriksa gula darah dapat memberikan informasi penting dan termasuk langkah mencegah diabetes sejak dini. Ibaratnya saat Anda menimbang berat badan untuk mengetahui angka yang sehat.

Baca Juga: Manfaat Melakukan Pemeriksaan Gula Darah Secara Rutin

Dengan mengetahui kadar gula, Anda bisa menjadikan hasil tes sebagai acuan atau gambaran gaya hidup yang selama ini dijalani. Jika gula darah termasuk tinggi, ada baiknya mulai mengubah kebiasaan atau gaya hidup yang selama ini dijalani. Mari mulai hidup sehat untuk menutup risiko diabetes pada diri Anda dan keluarga.

Referensi:

3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini