ANAK AKTIF & SUKA OLAHRAGA? CATAT NUTRISI PENTING UNTUK MEREKA

nutrisi-anak-aktif

 

Kebutuhan nutrisi harian setiap anak bisa berbeda-beda. Orangtua sebaiknya menyesuaikan dengan beragam aktivitas mereka. Apalagi kalau si kecil termasuk anak aktif yang suka tertarik pada jenis olahraga tertentu atau suka mengikuti kegiatan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah.

Anak-anak yang punya hobi olahraga membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk menunjang aktivitas fisik yang padat. Ditambah lagi kebutuhan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang serta proses belajar anak di luar olahraga. Penelitian dari Journal of Sports Medicine menyatakan bahwa nutrisi seimbang dapat memastikan anak mendapat tenaga atau energi untuk beraktivitas dan proses pemulihan setelahnya.

Anak dengan aktivitas padat membutuhkan lebih banyak energi daripada anak biasa. Kebutuhan mereka berbeda sesuai jenis kelamin dan usia, yaitu:

  • Laki-laki usia 6 tahun: 1800 kkal; 7 tahun: 1950 kkal; 8 tahun: 2100 kkal; 9 tahun: 2275 kkal; 10 tahun: 2475 kkal
  • Perempuan usia 6 tahun: 1650 kkal; 7 tahun: 1775 kkal; 8 tahun: 1950 kkal; 9 tahun: 2125 kkal; 10 tahun: 2300 kkal

Sumber energi tersebut bisa didapatkan dari makanan dengan kandungan karbohidrat. Di antaranya adalah kentang, nasi merah, dan roti gandum. Memilih asupan kalori baik dapat pula membantu anak terhindar dari lemak menumpuk pada tubuh.

Selain kalori, anak pecinta olahraga juga wajib cukup asupan proteinnya. Ini penting untuk membangun serta memperbaiki otot tubuh. Menurut jurnal Sport Nutrition for Young Athletes, protein bisa membantu menjaga kadar glukosa dalam darah ketika tubuh anak mulai aktif melakukan latihan atau aktivitas berat seperti saat berolahraga.

Asupan kalsium juga sebaiknya tidak dilewatkan. Ayah dan Bunda pasti sudah tahu bahwa mineral satu ini merupakan pemeran utama yang mendorong pertumbuhan tulang. Pada anak aktif, kalsium juga membantu kinerja kontraksi otot.

Selain itu, anak yang suka berolahraga juga membutuhkan zat besi untuk pembentukan hemoglobin yang akan membawa oksigen pada seluruh jaringan tubuh. Mineral satu ini juga ampuh dalam meningkatkan massa otot anak.

Baca juga: Anak Suka Olahraga, Bagaimana Nutrisinya?

Selain nutrisi yang cukup, kebutuhan cairan untuk juga sebaiknya diperhatikan. Menurut Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan, anak usia satu sampai 10 tahun membutuhkan asupan air mulai dari 1150 ml hingga 1650 ml. Namun, berbeda untuk anak yang aktif dan suka olahraga. Mereka membutuhkan cairan lebih banyak agar kadar air dalam tubuh terpenuhi.

Baca juga: Pentingnya Cairan Untuk Anak Pecinta Olahraga

Kecukupan nutrisi untuk anak yang aktif juga bisa didukung dengan menambahkan susu sebagai pelengkap nutrisi dalam menu makanan setiap hari. Pilih susu pertumbuhan yang baik bagi tumbuh kembang anak seperti Nutren Junior. Dalam segelas Nutren Junior, si kecil dapat menikmati kebaikan protein whey dengan kandungan sistein, serta omega 3, 6, dan DHA.

Nutren Junior juga mengandung probiotik serta prebiotik untuk kesehatan saluran pencernaan. Berbagai manfaat ini cocok sebagai pelengkap nutrisi harian buah hati Anda. Bila anak sudah terpenuhi gizinya, mereka tentu bisa selalu lancar menjalankan berbagai aktivitas yang disukai.

Sumber:

HelloSehat, Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga