Waspada Bahaya Kalori Kosong dan Manfaat Susu Gemukin Badan untuk Anak

Manfaat Susu Gemukin Badan untuk Anak

 

Anda pernah mendengar istilah kalori kosong? Ternyata, terlalu banyak mengonsumsi kalori kosong dapat menjadi penyebab anak tidak mau makan makanan berat.

Akibatnya, berat anak pun sulit bertambah ideal, sehingga mengalami ketertinggalan berat ataupun tinggi badan. Kondisi di mana gizi buruk dalam waktu lama tersebut, umumnya dinamakan “failure to thrive” atau “gagal tumbuh”.1

Susu penambah berat badan kini dapat menjadi pendukung pertumbuhan anak. Ha ini karena susu gemukin badan dapat mencegah kalori kosong.

Lalu, apa manfaat susu gemukin badan untuk anak? Apa dampak jika anak terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori kosong? Simak artikel berikut ini.

Apa itu Kalori Kosong?

Kalori kosong adalah makanan dengan nilai gizi sangat sedikit, bahkan hampir tidak mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral. Biasanya kalori kosong ada pada makanan yang banyak lemak padat dengan gula tambahan.

Adapun contoh makanan kalori kosong seperti:

  • makanan penutup berbasis karbohidrat, seperti kue, cookie, biskuit, donat, muffin, granola bar, dan banyak lagi
  • minuman manis, termasuk soda, minuman energi
  • permen batangan bertekstur padat dan coklat,
  • beberapa jenis olahan daging seperti sosis dan hotdog
  • beberapa produk berlemak penuh, seperti mentega, shortening, dan es krim
  • bumbu, seperti saus tomat dan saus barbekyu
  • makanan cepat saji, termasuk burger, wraps, pizza, dan lainnya.

Jika anak Anda sering mengkonsumsi makanan dengan kalori kosong (karena terbiasa menikmati pemanis buatan dengan rasa yang mereka sukai), maka ini bisa menjadi penyebab anak tidak mau makan makanan sehat yang Anda berikan untuknya.

Bahaya Makanan dengan Kalori Kosong

Makanan kalori kosong berbahaya untuk tubuh anak Anda, selain itu juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Yuk cek apa saja bahaya makanan dengan kalori kosong terhadap tubuh anak.

1. Daya Tahan Tubuh Berkurang

Saat masa pertumbuhan, anak membutuhkan pasokan gizi yang pas agar sistem di dalam tubuh mereka berfungsi secara optimal, jika tidak terpenuhi maka akan ada penurunan sistem imun tubuh pada anak, akibatnya anak lebih rentan terinfeksi penyakit.

2. Diabetes

Makanan dengan kalori kosong dapat menyebabkan obesitas. Jika kondisi tersebut terus terjadi, beberapa organ di dalam tubuh bisa mengalami gangguan. Jika gangguan terjadi di organ pankreas, maka fungsinya untuk memproduksi insulin bisa terhambat. Akibatnya, gula darah di dalam tubuh akan cenderung tinggi.

3. Obesitas

Semakin banyak kalori masuk ke tubuh anak, semakin besar terjadinya penumpukan lemak di tubuh yang membuat anak berisiko obesitas. Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal American Medical Association menyatakan bahwa lebih dari 23 juta anak dan remaja di Amerika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini tidak mengherankan karena sekitar 40% kalori yang dikonsumsi oleh anak usia 2 hingga 18 tahun adalah jenis kalori ‘kosong’, yaitu tidak mengandung zat gizi dan merupakan sumber lemak serta gula.

Sumber Kalori yang Baik untuk Anak

Untuk meningkatkan kesehatan tubuh anak, Ibu memang harus teliti dan menjaga pola makan anak jadi lebih sehat. Berikut beberapa sumber kalori yang baik untuk pertumbuhan anak, seperti:

  • Sumber karbohidrat: kentang, pasta, nasi, roti gandum
  • Susu dan produk susu yang rendah lemak
  • Sumber protein: daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan
  • Buah dan sayur yang kaya akan serat

Anda harus cermat menghitung jumlah kebutuhan kalori harian anak dari setiap makanan dan minuman yang diberikan. Kebutuhan kalori setiap anak tentu saja berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas anak. Pastinya semakin bertambah usia, kebutuhan kalorinya pun bertambah.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2013, inilah jumlah kebutuhan kalori anak setiap hari:

  • Usia 1-3 tahun: 1125 Kkal per hari
  • Usia 4-6 tahun: 1600 Kkal per hari
  • Usia 7-9 tahun: 1850 Kkal per hari

Susu untuk Kebutuhan Nutrisi Anak

Demi memenuhi kebutuhannya, Ibu bisa memberikan anak susu. Agar kebutuhan nutrisinya tercukupi, susu anak susah makan yang baik salah satunya adalah dengan memberinya susu whey protein karena protein whey mampu menjaga daya tahan tubuh dan membuat sistem imun si kecil dapat bekerja dengan baik. Anda dapat memilih susu yang mengandung protein whey khusus anak agar sistem imunnya tetap terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Anda bisa memahami terlebih dahulu tentang bagaimana cara minum susu whey protein untuk anak sesuai kebutuhannya. Anak-anak punya kebutuhan protein yang berbeda sesuai dengan usianya sebagai berikut:

  • Usia 2-3 tahun: 13 gram
  • Usia 4-8 tahun: 19 gram
  • Usia 9-13 tahun: 34 gram

Kebutuhan setiap anak tentunya berbeda, cara minum susu whey protein juga harus sesuai dengan kebutuhan asupan nutrisi harian anak, usia, dan berat badannya.

Ada pula takaran cara minum susu whey protein untuk si Kecil sesuai tahapan usianya adalah:

  • Anak-anak di bawah usia 2-3 tahun mengkonsumsi setidaknya 2 cangkir susu setiap hari.
  • Anak-anak berusia 4-8 tahun mengkonsumsi setidaknya 2,5 gelas susu setiap hari.
  • Anak-anak berusia 9 tahun ke atas mengkonsumsi setidaknya 3 gelas susu setiap hari.

Manfaat Susu Penambah Berat Badan untuk Cegah Kalori Kosong

Memiliki badan terlalu kurus atau malnutrisi seringkali meningkatkan risiko mudah terkena penyakit lain. Selain itu, badan kurus ternyata meningkatkan risiko munculnya beragam masalah kesehatan seperti anemia, melemahnya daya tahan tubuh, tulang lemah, luka sulit sembuh hingga gangguan jantung.2

Belakangan ini susu penambah berat badan menjadi salah satu alternatif meningkatkan berat badan dengan cepat. Susu gemukin badan juga merupakan susu yang baik untuk pencernaan karena kandungan lengkap di dalamnya.

Susu penambah berat badan adalah susu untuk pencernaan yang memiliki sederet nutrisi yang dapat meningkatkan berat badan sekaligus mencegah kalori kosong. Berikut ini kandungannya:

  • Karbohidrat dan Lemak

    Susu penambah berat badan merupakan susu formula untuk pencernaan yang unggul dalam kandungan lemak dan karbohidrat.3

    Ada kandungan 80-100 gram karbohidrat dan 10-17 gram lemak dalam segelas susunya. Pada segelas susu biasa, kandungan karbohidratnya hanya 8-13 gram, sedangkan kandungan lemaknya hanya 5-8 gram.

  • Kalori

    Anda perlu mengonsumsi banyak kalori untuk menambah berat badan. karenanya, pada sebagian besar susu penggemuk badan, kalori memiliki porsi terbesar. Mengonsumsi kalori secara rutin akan memudahkan kenaikan berat badan.4

  • Protein

    Protein juga menjadi salah satu nutrisi dalam susu yang berfungsi menambah berat badan. Protein bermanfaat memperbaiki jaringan tubuh serta meningkatkan massa otot. Tak heran jika susu tinggi protein banyak dikonsumsi atlet dan binaragawan.

    Dalam susu penambah berat badan, kandungan proteinnya jauh lebih banyak dari susu biasa. Dalam takaran segelas susu biasa, biasanya protein hanya mencapai 5-8 gram. Segelas susu penambah berat badan dapat menawarkan protein mencapai lebih dari 60 gram.5

Apakah Susu Gemukin Badan Efektif?

Suplemen seperti susu penambah berat badan memang dapat membantu Anda meningkatkan asupan kalori dan lemak sehari-hari. Dengan demikian, berat badan pun dapat bertambah sehingga Anda dapat mencapai postur ideal.6

Riset yang dimuat dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine memaparkan bahwa minum susu hingga tiga kali sehari dapat bisa menambah berat badan karena lemak dan protein tambahan yang terkandung dalam segelas susu.7

Selain itu, tingginya kandungan protein dalam susu penambah berat badan dapat meningkatkan massa otot. Jadi Anda tak sekadar gemuk saja, badan Anda juga akan terbentuk.

Namun tentu Anda harus mengimbangi konsumsi tersebut dengan makan makanan yang mengandung berbagai nutrisi. Susu penambah berat badan adalah suplemen atau tambahan, bukan pengganti makanan sehari-hari.

Olahraga teratur pun penting untuk menjaga massa otot. Artinya, susu penambah berat badan memang dapat membantu badan menjadi lebih berisi. Namun ada dua syarat yang harus dilengkapi yakni tetap makan dengan nutrisi seimbang dan rutin berolahraga.

Setelah mengetahui cara minum susu whey protein untuk anak, Nutren Junior bisa menjadi pilihan tepat. Kenapa?

Karena Nutren Junior adalah mengandung semua nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari protein (dalam bentuk protein whey yang juga kaya akan antioksidan dan sistein yang mudah diserap si Kecil, mengandung lemak baik (omega 3, omega 6, dan DHA), 9 mineral (termasuk kalsium dan zat besi), dan 13 vitamin(termasuk vitamin D dan vitamin C). Sehingga, Nutren Junior tepat sebagai susu anak susah makan.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa itu kalori kosong berikut manfaat susu penambah berat badan untuk anak? Susu gemukin badan Nutren Junior dapat menjadi pilihan untuk mencegah kalori kosong. Namun Anda tetap perlu memperhatikan asupan nutrisi pada makanan anak pertumbuhannya dapat optimal ya…

Referensi:

  1. ​​Nestle Health Science - Peran Susu Penambah Berat Badan untuk Anak dalam Mendukung Pertumbuhannya . Dari: https://www.nestlehealthscience.co.id/artikel/susu/penambah/berat/badan/anak/1/tahun. (Diakses pada 2 Desember 2022)
  2. ​UNAIR - Susu Penambah Berat Badan dan Efektivitasnya. Dari: http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1514-susu-penambah-berat-badan-dan-efektivitasnya. (Diakses pada 2 Desember 2022)
  3. ​Healthline - How to Gain Weight: Quick, Safe, and Healthy Guidance . Dari: https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight. (Diakses pada 2 Desember 2022)
  4. ​Body Building - How Drinking Milk Can Help A Hardgainer Get Bigger! . Dari: https://www.bodybuilding.com/fun/milk-helps-hardgainers.htm. (Diakses pada 2 Desember 2022)